THE WHY ?

Nature Prophet with his kids
  • Fleksibel Pick di meta ini, NP adalah salah satu hero yang bisa menjadi first pick material dikarenakan posisinya yang bisa mengisi role apapun di meta ini. Bisa dimainkan di posisi 1 seperti Arteezy beberapa kali memainkannya, posisi dua, ataupun role aslinya yaitu Offlane. Bahkan beberapa kali juga tim memainkannya di posisi 4 ataupun 5.
  • Membantu mengambil Objektif, Dengan skill 3 Nature Prophet Nature’s Call. NP bisa menjadi salah satu mimpi buruk bagi musuh yang tidak memilki hero yang mempunyai skill area. Dikarenakan ketika level 5/7 NP sudah memiliki pushing power yang kuat dengan skill 3 nya. Digabung dengan timing push munculnya cart (menit 5/10/15/20/25/dst….) dijamin deh NP bakal bisa mengambil tower musuh dengan gampang!

Skill 3 Nature Prophet sangat membantu mengambil objektif
  • Super duper Mobile, bermain NP dan kamu lagi asik farming di atas eh tiba-tiba lihat ada teamfight di bawah. Kamu bisa langsung menggunakan skill 2(teleportation) dan hadir di perang itu dengan mudah. Di meta yang sekarang (7.26c) kebutuhan untuk mobile sangatlah penting karena kalian tidak bisa lagi farming farming dan farming di meta ini. Mengambil objektif seperti tower, bounty & outpost adalah hal yang penting. Terlebih lagi melakukan split push untuk memberikan pressure kepada lawan secara konsisten dengan mengirim wave creep.
Dengan Skill 2 Prophet, kalian bisa tele kemana saja !
  • The Ultimate! Banyak yang belum tahu bahwa ulti Nature Prophet adalah salah satu ulti yang menyeramkan, terlebih lagi biasanya nature prophet memiliki level 6 yang cukup cepat (menit 8-10). Bila kamu mampu menggunakan ulti nya dengan baik, dengan total bounce sebanyak 18 maka di bounce ke 16/17/18 bisa memberikan damage sebanyak 400-450 damage. Hampir seperti damage Finger/Laguna nya lion & lina. Gokil bukan ?

Pro tips : Ketika melakukan Ultimate NP (Wrath of Nature) dengan target kamu berada di posisi bawah, maka pencetlah ulti di lane atas. Sebaliknya, jika kamu mentarget kepada hero musuh di posisi lane atas, maka kamu pencet di minimap di lane bawah. Kenapa begitu ? karena mekanik ultimate Prophet adalah bouncing(mantul-mantul) dari bawah > tengah > atas (bila ada vision di hutan, creep jungle pun juga akan terkena)

Outline AEGIS PREMIUM EDITION : Nature Prophet

  • Item Awal
  • Role apa
  • Early Stage of the game (00.00 - 10.00 )
  • Mid Stage of the game (10.00 - 25.00)
  • Late Stage of the game (25.00 - Game is over)
  • Tips & Tricks Nature Prophet

Item Awal

Kenapa Blight Stone? Dengan adanya tambahan damage dari skill 3 kamu (2 treant di awal) maka blight stone akan sangat membantu dalam melakukan secure creep baik itu last hit maupun denied. Ranting 4 ini juga bisa kamu gunakan untuk magic wand nantinya. Idealnya item ini adalah menjadi pilihan item utama ketika bermain Nature Prophet Offlane/Mid/Carry. Kamu juga bisa menjadikan, buckler + tango sebagai alternatif item awal yang baik untuk Prophet.

Early Stage of the game (00.00 - 10.00 )

Hal pertama yang kamu lakukan adalah, melakukan summon Nature Call (2 treant di awal sebelum creep muncul) untuk melakukan scouting. Setelah itu pada menit 0:40-0:50 kamu bisa melakukan summon treant lagi untuk melakukan perang di bounty rune/

Kunjungi Youtube aegis untuk mengetahui NP lebih lanjut 

Setelah berada di lane Terus lakukan melakukan summon treant, dan secara konsisten selalu lakukan last hit + denied secara terus menerus. Bila kamu melawan hero melee, maka pastikan kamu melakukan harassing secara terus-menerus. Hati-hati juga untuk tidak memberikan treant kamu mati secara cuma-cuma(kamu bisa melakukan denied ke treant juga loh!)

Hal yang bisa kamu Abuse, ketika levle 2 dan kamu low hp kamu bisa melakukan teleportation balik ke fountain menggunakan tp scroll dan balik lagi dengan menggunakan skill 2 (teleportation) dengan darah + mana penuh. Lakukan ini jika kamu merasa butuh, kamu juga bisa mengambil item yang ingin kamu ambil di fountain (biasakan first item adalah Glove of Haste untuk membantu kamu harass & farming di lane)

Indikator kesuksesan Nature Prophet 10 menit pertama :

  1. Pastikan kamu memiliki Networth di atas 3500 di 10 menit pertama. Dengan cara haras/trade hit yang menguntungkan (ingat musuh low hp mereka harus beli ransum, NP cukup tinggal tele balik ke fountain)
  2. Memiliki Last hit sebesar 30 di menit 6, dan memiliki last hit minimal 60 di 10 menit pertama.
  3. Sudah mendapatkan level 6 sebelum menit 10 adalah hal yang bagus! Ultimate kamu bisa membantu kamu untuk melakukan rotasi ke lane lain
  4. Ketika menit 5/10 pastikan juga kamu melakukan damage ke tower musuh (dengan adanya catapult + treant bisa di pastikan kamu akan memberikan damage yang cukup besar)

Mid Stage of the game (10.00 - 25.00)

Objektif. Selalu ingat-ingat kata ini setiap saat kamu menggunakan hero-hero yang memiliki potensi push yang kuat, seperti Nature Prophet contohnya. Tower, barracks, roshan, bounty runes adalah contoh-contoh objektif yang penting untuk kalian bermain di sekitarnya.

Salah satu kebiasaan yang bagus adalah, melakukan push terhadap sisi samping lane (atas dan bawah di map). Aktifitas pushing secara konsisten atau yang biasa disebut juga split push ini membuat kamu memiliki informasi terhadap lawan. Karena kamu melakukan konstan push maka akan ada hero yang melakukan clear wave nah informasi itu nantinya akan penting di aspek pertangahan game.

Di menit 10-15, pastikan kamu menggunakan waktumu untuk mendapatkan semua tier 1 tower musuh. Di menit segini harusnya kamu sudah memiliki first core item (Mekansm/Vladmir/Drum/Maelstorm) pastikan kamu memilih item bergantung kebutuhan (teamfight atau membuat Prophetmu menjadi late game hero carry)

Setelah kamu mendapatkan tower Tier 1 musuh, kamu bisa fokus ke farming sambil memberikan pressure kepada lane musuh. Bkb adalah item terbaik untuk item ketiga bagi nature prophet. Pastikan kamu memiliki BKB di menit 20-27 (semakin cepat semakin baik). Untuk memberikan rasa aman ketika kamu split push, serta memberikan power spike ketika teamfight!

Pro tips : Hati-hati ketika melakukan split push, terutama ketika musuh memiliki hero yang mempunyai potensi untuk membunuh heromu,

Late Stage of the game (25.00 - Game is over)

Untuk Talent pastikan kamu mengambil semua talent kanan (ada beberapa skenario dimana level 15& 20 kamu mengambil talent kiri) jika kamu rasa itu adalah game yang tepat, maka bisa kamu ambil (contoh : Hero musuh rata-rata single target semua jadi kamu bisa melakukan split dengan treant). Selebihnya, default build NP adalah full ambil talent kanan semua.

Di Aspek Late game NP menggunakan hero yang menyeramkan karena bisa memberikan pressure terus menerus kepada tower ataupun lane lawan. Sebagai Nature Prophet kamu bisa memberikan pressure di lane dengan menyuruh treant kamu untuk split push sementara hero kamu bisa bersembunyi di fog ataupun farming di tempat lain yang lebih aman.

Dengan ultimate yang cooldownnya cukup singkat (85 detik) sehingga bisa membuat musuhnya harus melakukan clear wave terlebih dahulu. Point terpenting adalah, jangan sampai mati, karena Nature Prophet = Farming Machine. Dengan skill set heronya kamu bisa farming dimana aja, kapan aja dan farming dengan cepat dibantu oleh skill 2 maupun 3 serta ultimate Nature Prophet. Pastikan juga kamu memiliki item-item late game seperti halnya Satanic, Cuirras, Hex, Daedalus. BKB jelas sudah merupakan hal yang wajib di menit segini.

Pro Tips ketika late game : Sebagai hero yang bisa bebas tele kemanapun, kamu bisa menaruh observer ward di tempat-tempat yang strategis untuk kebutuhan vision tim kamu. So? Sudah gak jamannya obs hanya dipasang sama support, ayok pasang obs kamu sendiri !

Nature prophet = Gpm Farming Machine

Tips & Tricks Nature Prophet

  1. Di awal laning kamu adalah satu-satunya hero di map yang bisa melakukan teleportation dua kali, abuse hal itu. Bila kamu merasa darah kamu low + sudah ada item yang bisa kamu ambil dari fountain pastikan kamu melakukan tp back ke fountain dan kembali lagi. Tak lupa tanyakan ke teman satu lane kamu, apa mau titip barang apa tidak.
  2. Pengen tango kamu lebih lama durasinya? Eiits, tahukah kamu kalau dengan menggunakan sprout dan memakan tango ke pohon sprout maka kamu akan mendapatkan efek yang sama dengan menggunakan tango ke ironwood branch (new funfact!)
  3. Sprout juga kamu bisa gunakan ke building (tower, baracx) ketika kamu melakukan sprout ke building maka musuh tidak akan bisa melihat vision sehingga mereka tidak bisa melakukan right click ke tower kamu.
  4. Ketika di awal laning, kamu bisa membuat small camp mereka tidak spawn dengan menaruh 1 treant kamu di posisi small camp musuh. Hal ini sangat bagus ketika kamu melawan musuh dengan hero kasta yang lebih lemah dari hero kamu
  5. Farming Pattern, Sebagai NP kamu bisa mengambil ancient relatif cepat (biasanya level 10 ketika kamu sudah ambil talent damage) pastikan kamu melakukan clear ancient ketika menit xx:30. Sehingga ketika kamu sudah melakukan clear ke ancient, maka dia akan spawn lagi (Talking about efisiensi!)
  6. Penggunaan Ulti (Wrath Of Nature) : Ketika melakukan Ultimate NP (Wrath of Nature) dengan target kamu berada di posisi bawah, maka pencetlah ulti di lane atas. Sebaliknya, jika kamu mentarget kepada hero musuh di posisi lane atas, maka kamu pencet di minimap di lane bawah. Kenapa begitu ? karena mekanik ultimate Prophet adalah bouncing(mantul-mantul) dari bawah > tengah > atas (bila ada vision di hutan, creep jungle pun juga akan terkena)

Pengen  ikut berkontribusi di Esports Indonesia? Yuk gabung bersama kita  sebagai Coach atau Content Creator di Akademi Esports Indonesia! Yuk  bergabung dengan AEGIS, Your First Indonesia Educational Esports  Platform!

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook : @aegis.id

JOIN OUR DISCORD CHANNEL! https://discord.io/Aegisid