Aegis Dota 2 Experiment terinspirasi oleh blog di Dotabuff dan Notail, si juara TI 2x yang mempopulerkan hero-hero yang bermain di posisi yang tidak semestinya. Trend ini mulai ada sudah sejak lama. Masih ingat ketika weaver hanya dipakai sebagai posisi 1 saja? sekarang weaver juga sudah dipakai sebagai carry dan support posisi 4. Aegis Dota experiment saat ini sudah masuk ke seri kedua loh.

Kali ini Aegis akan membahas Ember Spirit posisi 4. Sebuah hero yang lazimnya dimainkan sebagai core sekarang malah menjadi support.

Di ranah pro, pos 4 Ember Spirit dipick pertama kali saat turnamen antara Thunder Predator melawan Furia (SA). Sayangnya Ember spirit dalam game tersebut kalah dengan skor 3/3/8. Selain tim tier 2 itu, EG juga pernah mencoba Ember Spirit pada posisi 4 yang dimainkan oleh Crit. Sayangnya game tersebut EG juga kalah walaupun Ember Spirit dalam game tersebut berperan signifikan dengan stats 1/9/17.

Jangan salah, ada juga Ember Spirit pos 4 yang berhasil loh. ES pada game ini bermain sangat aktif dengan 6 kills dan 15 assist sehingga timnya dapat menang di menit 20.

Dari game-game pro tersebut dapat disimpulkan bahwa Ember Spirit pos 4 merupakan niche pick dan juga forced pick. Dimana apabila musuh merespon pick Ember dengan hero-hero counter maka diperlukan core lain yang dapat menggantikan Ember, alhasil Ember dijadikan sacrifice sebagai support. Selain itu pace dan game style dari Ember Support adalah snow balling karena ES merupakan hero kuat untuk roaming.

Ember Spirit Wallpaper by WC3

Kuncinya itu di Laning

Ember Spirit mempunyai stats yang tidak cukup kuat dibandingkan support-support lainnya. Sehingga apabila di lane, ES tidak akan memberikan dampak signifikan pada musuh. Saat mencoba ES support, Aegis kesulitan dalam melakukan trade hit dengan support dan juga skill setup dari ES tidak mempunyai ancaman untuk membunuh carry ataupun support.

Satu nilai plus dari Ember Spirit adalah skillnya mempunyai mana cost yang rendah, sehingga jika dikombinasikan dengan damage fisik Ember, maka musuh akan sangat mudah terharass. Hal ini dengan catatan, jika kamu mempunyai banyak ransum untuk melakukan harass.

Menurut Aegis sendiri role satu-satunya yang memungkinkan bagi pos 4 ES saat di awal adalah dengan melakukan full harass mode pada carry atau support lawan yang tidak mempunyai ransum banyak. Dengan spam searing chains dan sleight of fist, musuhmu bakal kesulitan untuk stay di lane. Lanjutkan dan ulangi lagi ke lane yang menurutmu bakal membahayakan nantinya, sehingga mereka bakal terganggu dan perlu melakukan recovery setelah laning phase.

Mid Game Ember Spirit Pos 4 Berjaya

Dengan skill utility dan kemampuan flash farming, ember spirit pos 4 bisa mulai melakukan recovery farming dengan cara split push. Opsi itu bisa diambil jika timmu sedang kalah dan membutuhkan distraksi agar carry dapat farming dengan aman.

Apabila posisi timmu sedang snow ball dan menang, maka gunakan kesempatan ini untuk melanjutkan harassing carry musuh. Dengan menjadi annoying dan membuat carry musuh tilt maka dipastikan gamemu akan lebih mudah.

Untuk item disarankan kamu dapat menggunakan item utility seperti Vessel dan Eul. Kamu juga bisa menggunakan item murah tapi berfaedah seperti  blight stone atau orb venom. Usahakan jangan membeli item non utility atau murni damage seperi Crystalis atau Desolator terlebih dahulu. Ingat kamu bukan carry, role mu disini adalah sebagai decoy untuk mengharass musuh dan hidup paling lama di war dengan skill dan itemmu.

Yang membuat Aegis Happy Saat memainkan Ember Pos 4

Oke setelah cerita pengalaman dengan Ember pos 4, Aegis juga akan menceritakan feelsgood moment saat mencoba Ember Spirit pos 4.

  • The taunting. Kamu punya reflek ala super human? kamu bisa make a play dengan sleight of fist dan remnant? itu adalah moment-moment di saat kita bisa melakukan all chat dan menyombongkan diri pada lawan. Taunting ini juga berfungsi untuk menghindarkan carrymu dari kejaran musuh-musuhmu yang emosi
  • Top Notch Split Push. Potensi split push di mid game seorang Ember pos 4 termasuk patut diacungi jempol. Semua skill Ember bisa digunakan untuk nuke creep wave dengan cepat. Selain itu Ember dapat memasang observer ward dengan mudah tanpa takut terkena gank karena adanya Remnant.

Nah itulah, pengalaman Aegis saat mencoba Ember posisi 4. Bagaimana menurut kalian apakah Ember support 4 viable untuk dibuat push rank? ataukah rankmu bakal meledak? Yang jelas dari pengalam Aegis, kamu harus kuat mental jika memainkan hero dengan posisi yang tidak sesuai kodratnya. Watch out for makian and stay strong!


Pengen  ikut berkontribusi di Esports Indonesia? Yuk gabung bersama kita  sebagai Coach atau Content Creator di Akademi Esports Indonesia! Yuk  bergabung dengan AEGIS, Your First Indonesia Educational Esports  Platform!

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook : @aegis.id

JOIN OUR DISCORD CHANNEL! https://discord.io/Aegisid