Aegis Dota 2 Experiment terinspirasi oleh blog di Dotabuff dan Notail, si juara TI 2x yang mempopulerkan hero-hero yang bermain di posisi yang tidak semestinya. Trend ini mulai ada sudah sejak lama. Masih ingat ketika weaver hanya dipakai sebagai posisi 1 saja? sekarang weaver juga sudah dipakai sebagai carry dan support posisi 4. Nah maka dari itu, setelah Aegis melihat debut Kuroky dengan posisi 4 snipernya (yaaa, walaupun kalah) dan dibarengi dengan Yapzor sniper (yang ini untungnya menang), maka Aegis pun berniat untuk mencoba posisi 4 sniper dan membagikan pengalaman bermain dengan posisi 4 Sniper. Will this work or not? stay tune in this article yaa.

Selain Tips ini kamu juga bisa lihat tips lain dari Aegis: Tips and Trick bermain carry ala Aegis

Sniper bapak tua garang dengan range serangan terjauh ini menempati posisi win rate yang cukup unik pada tier immortal/divine yaitu sebesar 53%. Status ini sangat bagus terutama dengan adanya trend posisi 4 Sniper, pada tier ancient win ratenya pun hampir sama, 53%. So, the public say this sniper pos 4 is legit. Menurut kalian sendiri posisi 4 Sniper bagaimana?

Kuncinya itu di Aghanim Scepter

Kenapa sih muncul ide gila adanya Sniper posisi 4? Hmm, kita tarik mundur pada saat muncul Aghanim Scepter pada Sniper. Pada patch-patch terbaru, sniper mendapatkan buff signifikan dari Aghanim yaitu cast time yang dikurangi menjadi 0.5 detik dan adanya buff untuk mendisable target selama 1.8 detik. Dari sinilah muncul suatu ide gila atau role dimana Sniper bisa melakukan inisiasi jarak jauh pada musuh.

Secara teori hal itu terdengar menarik dan suatu aha moment bagi orang yang suka bereksperimen. Akan tetapi setelah Aegis coba di pub, ternyata tidak semudah itu ferguso. Ada beberapa minus poin yang kamu harus tahu saat memainkan Sniper posisi 4.

(-) Apabila kamu kalah laning = bye saja. Sniper merupakan hero yang cukup susah farming karena dia tidak mempunyai skill flash farming.

(-) Setelah dapat Aghanim? What’s next? nah itulah pertanyaan dari Aegis saat mencoba hero ini. Dengan sniper di posisi 4 maka otomatis rush item pertama adalah Aghanim, dan rata-rata kamu bakal dapat Aghanim di menit 20-30an dimana musuh juga sudah mendapatkan item kunci mereka masing-masing. Sehingga sebagai seorang pos 4 kamu harus bisa melakukan shot caller untuk mengoptimalkan skill assassinate.

(-) Sniper in war. Sniper itu selain bisa membuat tilt musuh dengan assasinatenya, dia juga bisa membuat tilt team. Bayangkan kamu hanya bisa menyumbangkan 2 skill saja saat war, yaitu assassinate dan sharpnel. Nah jika kedua skill itu tidak ada, maka kamu membutuhkan item lain untuk membantu tim mu di war.

Yang membuat Aegis happy

Okay, selain the bad thing yang Aegis rasakan saat bermain Sniper, Aegis juga sempat merasakan feels good moment saat bermain Sniper.

  • The all chat moment. Oke, bayangkan kamu bermain sniper posisi 4, lalu kamu terbully dan dimaki-maki baik dari teman atau lawan. Lalu somehow kamu bisa membuat tim mu menang? Nah inilah saat yang tepat untuk membalasnya, buat musuhmu malu-malu kucing dengan commentmu di all chat.
  • Potensi Transisi. Sempat di salah satu game, Aegis mendapatkan laning stage yang cukup mulus, tanpa hambatan hingga bisa mengumpulkan gold yang lumayan. Tak pikir panjang, midas pun ter-miss click. Nah dari situlah, Aegis mulai bermain aman dengan membuat item escape sebelum aghanim. Item kunci escape ini bakal membantumu lebih mudah split push dan mencuri farm. Dengan midas dan item escape, kamu bakal berpotensi untuk transisi menjadi sniper semi support carry yang bias membully support lawan.

Nah itulah, pengalaman Aegis saat mencoba Sniper posisi 4. Bagaimana menurut kalian apakah Sniper support 4 viable untuk dibuat push rank? ataukah rankmu bakal meledak? Yang jelas dari pengalam Aegis, kamu harus kuat mental jika memainkan hero dengan posisi yang tidak sesuai kodratnya. Watch out for makian and stay strong!


Pengen  ikut berkontribusi di Esports Indonesia? Yuk gabung bersama kita  sebagai Coach atau Content Creator di Akademi Esports Indonesia! Yuk  bergabung dengan AEGIS, Your First Indonesia Educational Esports  Platform!

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook : @aegis.id

JOIN OUR DISCORD CHANNEL! https://discord.io/Aegisid