Seperti yang kita ketahui bahwa server Baratayuda (Indonesia MSP) lumayan tertinggal beberapa patch dari server Taiwan, Vietnam, Thailand, bahkan NA dan Latam. Kali ini tim AEGIS akan merangkum semua patchnote yang sudah dirilis pada server-server lainnya.

Walaupun pada web resmi Garena AOV Indonesia telah merilis patchnote resmi, namun terdapat beberapa kekurangan yang tidak disampaikan pada patchnote tersebut seperti minor balancing yang dilakukan pada tanggal 11 Juni 2019 yang difokuskan pada balancing beberapa hero yang 'mungkin' dipersiapkan untuk AWC 2019 kala itu (Seperti buff pada attribut Yena, keganjilan pada skill pasif valhein, dll).

Artikel ini hanya akan berfokus pada balancing gameplay, item, hero, serta bug fix yang akan datang pada mode 5v5 (balancing mode 10v10 tidak termasuk)

Table of contents

  1. Gameplay Changes
  2. Item Changes
  3. Hero Balance Changes

Gameplay Changes

  • Experience yang didapat ketika membunuh Abyssal Dragon dikurangi 250 point (Untuk 1 tim)
  • Waktu untuk mengeluarkan Drake setelah membunuh Dark Slayer berkurang dari 90 detik → 60 detik (Setelah membunuh DS, drake hanya dapat disimpan selama 60 detik)
  • Damage Drake pada tower berkurang dari 40 (+0,15 AD) → 35 (+0,12 AD)
  • Pengurangan gold 10% ketika creep terbunuh didekat tower tier 1 ditiadakan
  • Pertumbuhan gold bounty pada creep : 4% per 30 detik → 3,5% per 30 detik dan hingga maksimum 175% (yang berarti pertumbuhan bounty untuk creep mencapai maksimumnya pada menit 25)
  • Bounty yang didapat ketika membunuh hero pada level 4-7 : 200 → 175
  • Pengurangan damage ketika diserang oleh Dark Slayer : 60% → 50%
  • Buff dari Drake meningkatkan serangan creep : 10% → 15% dan HP : 15% → 20%
  • Base HP dari Sage Golem dan Might Golem meningkat : 4500 → 5000 dan monster hutan lainnya 3000 → 3250
  • HP dari creep setelah menit 10 meningkat 6,5% setiap 30 detik, 10% ketika melewati menit 19.30 (maksimum hingga 450%)

Berdasar update yang dilakukan pada Drake yang cukup signifikan ini, decision making yang dibuat oleh setiap tim akan semakin dipertajam, maksudnya dalam waktu yang singkat 60 detik, tim yang mempunyai Summon Drake harus memutuskan dalam kondisi apakah dan di lane mana akan keluar. Diturunkannya damage Drake pada tower juga akan mengurangi ketergantungan pemain pada Drake atau setidaknya mengurangi sedikit pushing power dari Drake.

__________________________________________________________

Item Changes

Bow of Slaughter

Harga: 2330 → 2300
Critical Chance: 20% → 15%

Leviathan

Unique passive "Flame Magic" dari leviathan tidak lagi stack dengan unique passive "Burn" dari item lainnya (Mantle of Ra)

Loki's Curse

Unique passive "Curse Power" dari Loki's Curse tidak lagi stack dengan unique passive "Elemental Power" dari item lainnya (Apocalypse)

__________________________________________________________

Hero Balance Changes

Untuk setiap hero yang mendapatkan balancing, kami akan memberikan poin untuk menilai pengaruh patch ini terhadap hero-hero tersebut. Poin-poin tersebut tentunya akan sangat subjektif, penilaian tersebut hanya opini dari tim AEGIS agar dapat memudahkan pembaca mengenai gambaran pengaruh patch tersebut.

Selain itu kami mengkategorikan hero-hero tersebut berdasarkan buff, nerf, atau adjust dari hero tersebut sebagai harapan dapat memudahkan pembaca dalam membaca balancing hero yang sangat banyak ini.

↑Buffed↑

Diao Chan

Passive : Ice Queen
(Skill pasif Diao Chan yang sebelumnya dipindahkan pada Skill 2)

Pasif baru : Mendapatkan Frost Shield ketika tidak terkena serangan selama 7 detik. Shield tersebut akan melindungi Diao Chan hingga ia terkena serangan oleh Hero. Skill ini memberikan kekebalan terhadap damage dan juga Crowd Control.

Skill 1 : Chilling Frost
Efek root dihilangkan. Animasi skill dipercepat : 0,5 detik → 0,35 detik

Skill 2 : Diamond Dust
Animasi Skill lebih cepat, dari 0,6 detik menjadi 0,4 detik.
Magic Damage 288(+36/lv)(+0.7MP) → 300(+40/lv)(+0.65MP)

Unique Passive: Skill Passive yang sebelumnya dipindahkan ke Skill 2, di mana akan menghasilkan damage tambahan sebesar 200(+40/lv)(+0.45MP) Magic Damage ke arah musuh yang membeku. Damage meningkat seiring bertambahnya level pada Skill Diamond Dust (2).

Lauriel

Attributes
Base movement speed meningkat : 340 → 350

Meskipun terlihat sepele, namun buff pada Lauriel kali ini dapat membantunya untuk lebih cepat dalam roaming dimana hal tersebut adalah keuntungan baginya karena base movement yang sangat lambat.

Maloch

Skill 2: Souleater
Cooldown: 12/11/10/9/8/7 detik →10/9,4/8,8/8,2/7,6/7 detik

Skill 3: Shock
Ketika musuh terlempar ke udara, Cooldown dari Cleave (1) akan di-reset.
Cooldown: 60/50/40 detik → 50/45/40 detik

Setelah banyaknya nerf pada ADC sidelaner pada patch ini. Maloch dapat dipertimbangkan sebagai sidelaner terkuat pada posisi Abyssal Lane. Cooldown Cleave (2) yang dipercepat di early akan dapat membawa disaster bagi musuhnya.

Lubu

Skill 1: Red Stallion
Jeda dari serangan pertama dan kedua dikurangi sebesar 0,05 detik. Jarak serangnya pun meningkat sebesar 0,25 meter.

Jika dilihat sepintas tidak ada yang spesial dari buff Lubu kali ini. Namun jika dilihat dari beberapa permainan Lubu di server lain. Pergerakannya terlihat lebih smooth dari sebelumnya. Juga, dengan adanya rune diprediksi Lubu akan kembali ke masa kejayaanya.

Veres

Skill 1: Bloody Fangs
Physical Damage per hit: 125(+50/lv)(+0.75AD) → 150(+50)(+0.8AD)

Skill 3: Venom
Memicu Enrage selama 4 detik (10 detik ketika mendapatkan kill) saat mengenai Hero lawan Memicu Enrage selama 6 detik saat mengenai Hero lawan, dan mendapatkan tambahan 2 detik ketika menyerang musuh lebih dari satu.

Sekarang pemain Veres dapat men-engage war menggunakan ultimatenya, dimana hal tersebut diuntungkan dengan tambahan durasi Enrage setiap kali memukul musuh. Dimana sebelumnya ultimate Veres lebih cenderung digunakan untuk last hit saja.

Mganga

Passive: Voodoo
Normal Attack Range: 660 unit 680 unit

Skill 1: Toxic
Range: 700 unit 750 unit

Sedikit buff untuk Mganga yang lumayan berpengaruh terutama pada fase laning. Dimana mempermudah Mganga untuk harassing musuhnya dengan jangkauan Auto attack dan S1 yang lebih jauh.

Yena

Attributes

Base HP regeneration per 5 detik meningkat dari : 44 → 56

Max HP per level meningkat dari : 211 → 244

Buff pada patch ini mungkin ditunggu oleh player Yena, karena yang banyak dikeluhkan dari Yena adalah terlalu squishy atau empuk untuk hero yang masuk dalam class warrior. Update ini memberikan kenyamanan bagi pengguna Yena untuk bermain lebih agresif dibanding sebelumnya yang bermain hati-hati, karena setelah munculnya patch ini, Yena akan memiliki base HP regen yang lebih besar dari kebanyakan warrior beserta HP Growth yang meningkat cukup banyak.

Ignis

Skill 1 : Fire Crash

Magic damage meningkat dari : 300/340/380/420/460/500 (+40% ability power) → 325/365/405/445/485/525 (+45% ability power)

Skill 2 : Rain of Fire

Cooldown disesuaikan dari : 10/9.4/8.8/8.2/7.6/7 detik → 9/8.6/8.2/7.8/7.4/7 detik

Peningkatan pada Skill 1 akan membuat late game dari Ignis sendiri akan meningkat secara drastis dengan 45% Ability Power, ditambah dengan item Hecate Diadem tentu saja dengan update ini pick rate dari Ignis akan meningkat drastis. Kemudian ada juga, Pengurangan cooldown pada skill 2 yang membuat Ignis akan lebih mudah untuk melakukan clear wave sehingga kemungkinan untuk mendapatkan Big Item lebih cepat akan semakin besar, kemudian bisa juga digunakan untuk melakukan zone out farm maupun harrassing terhadap musuh.

Poin : +1

Airi

Skill 1 : Spin
Damage fisik meningkat dari : 200/275/350/425/500/575 (+110% Attack Damage) → 250/320/390/460/530/600 (+120% Attack Damage)

Skill 2 : Shadow
Cooldown berkurang dari : 10/9.4/8.8/8.2/7.6/7 detik → 9/8.5/8/7.5/7/6.5 detik

Airi jungler META?AWC 2019 kemarin Airi sempat digunakan oleh TPE Neil beberapa kali sebagai Jungler. Hasilnya cukup memuaskan, terutama dari segi mobilitas dan engaging ketika war menggunakan ultimatenya. Pada patch ini cooldown dari Shadow (2) dipersingkat, dimana mungkin Airi dapat menjadi pilihan sebagai offlaner maupun jungler.

Max

Skill 2 : Smooth Moves
Penambahan jeda pada penggunaan skill untuk menghindari penggunaan skill 2 kali seketika

Developer memberikan jeda pada setiap penggunaan Smooth Moves sehingga player tidak menggunakan Smooth Moves 2 kali secara langsung dimana itu akan merugikan max karena tidak dapat menggunakan Smooth Moves yang ke-2 secara maksimal

Poin : +0,5

Violet

Skill 1 : Tactical fire

Cooldown berkurang dari 5 detik → 4.5 detik

Tidak signifikan tapi cukup membantu. Dan Violet sedang populer pada patch 3.0 di server Taiwan, dikarenakan adanya rune Holy Thunder yang membantu memberikan damage tambahan ketika menembak musuh.

Fennik

Attributes
Attack speed per level meningkat dari : 2% → 3%
Base movement speed meningkat dari : 350 → 360

Passive : Hidden Weapon
Damage tambahan meningkat dari : 40% Attack amage (70% AD vs minions/monster) → 50% Attack damage (75% AD vs minion/monster)

Skill 1 : Thief's Mark
Perbaikan bug dimana base damage tidak meningkat sesuai dengan level skill

Setelah creep jungle mendapatkan buff yang lumayan signifikan, Fennik mendapatkan buff pada skill pasif dan perbaikan bug pada skill 1nya dimana itu sangat menguntungkannya dalam menghabisi stack yang ada di jungle.

Slimz

Skill 1 : Flying Spear
Cooldown disesuaikan : 10 detik → 10/9.6/9.2/8.8/8.4/8 detik

Ultimate : Savage Potion
Peningkatan movement speed : 20% → 30%

Dengan buff seperti ini sedangkan banyak ADC sidelaner yang mendapatkan nerf, hal ini sangat menguntungkan Slimz untuk menjadi pilihan sebagai sidelaner.

__________________________________________________________

↓Nerfed↓

Sephera

Skill 1: Water Spirits
Pengurangan Movement Speed: 50% → 30/34/38/42/46/50%
Biaya Mana: 50-75 → 60-85
Cooldown: 5 detik → 6/5,8/5,6/5,4/5,2/5 detik

Nerf untuk early game mengingat bagaimana Sephera dapat mendominasi midlane dengan spam Skill 1 nya terus menerus. Kini dengan cost mana yang ditambahkan dan penambahan cooldown di level awal akan sedikit "menyiksa" Sephera di early.

Tulen

Passive : Thunderclap
Setiap petir menghasilkan 75% damage terhadap non-hero unit

Skill 2 : Lightning Strike
Charge Time: 10/9.6/9.2/8.8/8.4/8 detik → 12/11/10/9/8/7 detik

Popularitasnya di AWC 2019 kemarin memang tidak dapat diremehkan. Tidak sedikit pemain berani melakukan blind pick untuk Tulen. Kini sedikit adjusting untuk skill pasif dan cooldown skill 1 yang ditambah di level awal namun dikurangi 1 detik di level akhir. Yeah but it's a nerf afterall jika kita melihat pengurangan damage pada creep untuk skill pasifnya.

Capheny

Lifesteal yang dihasilkan Capheny hanya 2/3 dibandingkan dengan archer lainnya

Setelah Hercule's Madness tidak dapat digunakan untuk archer, kini lifesteal dari Capheny dikurangi menjadi 2/3 jika dibandingkan archer lainnya. Hal ini cukup membuat Capheny semakin tidak diminati. Poor Capheny

Yorn

Passive : Fierce Shot
Memperbaiki bug yang memungkinkan Yorn menghasilkan damage ekstra

Skill 2 : Heavenly Barrage
Radius dikurangi : 500 unit → 450 unit

Sangat mengganggu memang melihat Skill 2 dari Yorn berjalan menyisiri lane. Dengan nerf ini berarti diameter dari Skill 2 Yorn dikurangi 100 unit.

Skill 1 : Shuriken Toss
Physical damage dikurangi : 125-225 (+30% AD) → 125-225 (+25% AD)

Skill 2 : Shadowstep
Cooldown dikurangi : 6-5 detik → 8-6 detik

Pengurangan scalling damage pada Skill 1 tidak terlalu berasa mengingat Hayate cenderung lebih mengandalkan ASPD dibandingkan damage. Penambahan cooldown dari Shadowstep (2) yang sangat terasa. Well balanced..

Valhein

Attribute
Base attack dikurangi : 178 → 173

Jika kalian perhatikan, patchnote dari developer terbaru bulan Juli dengan patchnote bulan maret pada  Skill pasif : Pocket Glaive milik Valhein adalah sama. Entah apakah itu adalah salah tulis dari developer. Sehingga pada patch ini dapat diasumsikan yang berubah dari Valhein hanyalah base attack saja, Mungkin hal ini ada kaitannya dengan sistem rune yang bisa memperkuat AD dan AP.

Kahlii

Attribute
Base attack dikurangi : 167 → 162

Sama seperti Valhein

Florentino

Skill 3 : Gentleman's Duel
Damage reduction dikurangi : 50% → 30%

Tidak mengejutkan memang melihat Flowerboy yang satu ini mendapatkan nerf terus menerus. Dominasi pada fase laning, dapat membalikkan keadaan ketika 1v2 memang sudah menjadi keunggulan Florentino. Nice decision Tencent...

Wukong

Attribute
Base critical chance dikurangi : 15% → 12%

Tidak terlalu berpengaruh, terutama dengan adanya rune Blessing yang dapat menambahkan critical chance

__________________________________________________________

-Adjusted-

D'Arcy

Skill 1: Dimensional Walk
Damage Reduction: Fixed at 30%
Magic Damage: 330(+80/Lv)(+50% AP) → 400(+100/lv)(+65% AP)
Peningkatan Range Normal Attack: 8 unit → 7.5 unit
Slow Effect: 60% untuk 1 detik → 40% untuk 1 detik

Skill 2: Dimensional Cube
Base AOE Radius: 2,5m -> 2,8m
Base Damage: 800(+80/Lv)(+185% AP) →750(+70/lv)(+165% AP)

Skill 3: Dimensional Portal
Hit Damage: 100(+50/Lv)(+40% AP) → 200(+100/lv)(+55% AP)
Teleport Damage: 200(+150/Lv)(+100% AP) → 300(+150/lv)(+110% AP)
Cooldown: 45/40/35 detik → 40/36/32 detik

Penambahan damage Skill 1, penambahan AOE skill 2 namun damage dikurangi, serta tambahan damage pada ultimate. Terlihat seperti balanced adjust. Namun perlu di ingat bahwa Apocalypse dan Loki's Curse tidak dapat digunakan bersamaan. Sehingga sedikit nerf untuk D'arcy dan Zill

Telanas

Skill 1 : Eagle Eye
Magic damage dikurangi : 50/58/66/74/82/90 (+55% AD) →  55/62/69/76/83/90 (+52% AD)
Slow Effect per Level: 6% -> 4%

Akhir-akhir ini Telanas memang menjadi favorit untuk ditempatkan di Abyssal Lane selain Hayate (yang tentu saja selalu di ban ketika ranked match). Terdapat adjust pada Skill 1 Telanas dimana hal tersebut dapat membantu Telanas dalam melakukan clear wave di early game, namun pengurangan pada scalling damage yang berarti lebih sedikit damage di late game. Slow effect dari skill 1 juga dikurangi yang dimana sekarang Telanas harus melakukan lebih banyak hit untuk mendapatkan slow yang maksimal. Mungkin adjust untuk Telanas ini lebih cenderung ke arah nerf....

Taara

Passive : Fighting Spirit
8% HP yang ada akan dikonsumsi ketika menggunakan skill → 5% HP akan dikonsumsi ketika menggunakan Skill 1 dan 2, 10% ketika menggunakan ultimate

Hanya sedikit penyesuaian pada equilibrium perputaran HP pada Taara.

Arum

Passive: Ravenous Beasts
Magic Damage: 60(+0.5MP)(+3% target max HP) → 25-95(+50% AP)(+3% target max HP)
Heal: 60(+40% AP)(+3% own max HP) → 20-90(+40% AP)(+3% own max HP)

Skill 1: Lion Tamer
Magic Damage: 250-500(+40% AP) → 200-500(+40% AP)
Cooldown: 5 detik → 5/4,8/4,6/4,4/4,2/4 detik

Arum pada early game memang lumayan cancer. Ia dapat dengan mudah melakukan invade seorang diri ke jungle musuh tanpa takut mati. Dengan patch ini Arum akan berpikir dua kali untuk melakukan invade seorang diri.


Nah, bagaimana menurut kalian mengenai balancing pada patch 3.0 ini? Tentunya hal ini akan sangat menarik karena META dari AOV ini akan banyak berganti, dan yang pasti akan menghasilkan berbagai macam gameplay baru yang seru.

Jangan lupa kunjungi kami di :

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook: @aegis.id