Attributes

Baxia, hero baru yang dirilis oleh moonton selaku game developer sekaligus pemilik Mobile Legends:Bang Bang. Hero yang merupakan tank dan merupakan hero dengan kemampuan yang sangat baik menjadi frontliner serta skill set yang cukup unik menjadi langganan pick di babak akhir bergulirnya MPL S4 dan juga M1. Penasaran dengan baxia ? langsung aja baca artikel ini sampai selesai yaaa!

Baxia adalah salah satu anggota dari Oriental Fighters yang merupakan teman seperjuangan dari Ling, Zilong, dan Wanwan. Dimana mereka sudah sering menghadapi berbagai macam musuh dan pertempuran bersama-sama.

Data :

  • Role = tank
  • Speciality = crowd control/initiator
  • Cost = 32k BP or 599 diamond
  • Difficulty = 6/10
  • Durability = 6.5/10
  • Ability effect = 6/10
  • Offence = 7/10

SKILL BAXIA

Skills/Abilities :

Skill Passive : Baxia Mark

Secara permanent “baxia mark” akan aktif pada baxia, dimana akan berefek mengurangi damage terakhir yang masuk ke tubuh baxia sebesar 26-56 damage (jumlah damage yang dikurangi akan bertambah seiring bertambahnya level baxia). Tidak hanya sampai di situ saja, skill passive ini juga memberikan effect negative bagi lawan, dengan mengurangi regen effect musuh sebesar 30% selama 4detik.

Skill 1 : Baxia-shield unity

Baxia menyatukan tubuhnya dengan 2 perisai yang dia miliki, lalu melaju dengan kecepatan tinggi layaknya roda kematian. Dalam bentuk ini, apabila baxia menabrak musuh maka ia akan memberikan damage sebesar 280 / 300 / 320 / 340 / 360 / 380 (+55% Total Magic Power) dengan tipe magical damage, men-stun musuh yang ditabrak selama 0.5detik dan mementalkan musuh lain disekitarnya ke belakang. Kamu juga bisa memencet icon skill ini untuk membuat baxia dapat melompat saat menjadi roda kematian dan melewati segala rintangan yang menghalanginya. Saat melompat, bila baxia mengenai musuh di bawahnya, ia akan memberikan damage sebesar 380 / 410 / 440 / 470 / 500 / 530(+75% Total Magic Power) dengan tipe damage magical damage, men-stun musuh yang dia kenai selama 1detik dan membuatnya tidak berdaya.

Cooldown: 14.0 / 13.5 / 13.0 / 12.5 / 12.0 / 11.5

Mana Cost: 100 / 110 / 120 / 130 / 140 / 150

Skill 2 : Shield of Spirit

Baxia melemparkan salah satu perisainya kedepan(perisainya akan menghilang sementara apabila mengenai musuh) dimana akan menimbulkan damage sebesar 125 / 150 / 175 / 200 / 225 / 250(+80% Total Magic Power) Magical Damage +5% dari max health point milik musuh dan akan menandainya selama 5detik. Skill ini dapat digunakan lagi dalam jangka waktu yang singkat, dimana bila perisai dari baxia ini mengenai jungle monster atau hero lawan maka cooldown dari skill ini akan berkurang sebanyak 85%.

Cooldown: 9.0 / 8.4 / 7.8 / 7.2 / 6.6 / 6.0

Mana Cost: 30 / 35 / 40 / 45 / 50 / 55

Skill Ultimate : Tortoise's Puissance

Baxia menggadangkan perisainya kedepan dan melaju dengan frontal dan tanpa takut, menambah movement speed baxia sebesar 30% selama 10 detik. Dalam waktu bersamaan baxia juga menimbulkan lava path saat dia berada dalam mode ini yang mana akan menimbulkan 60(+50% Total Magic Power) Magical Damage kepada musuh yang berada di lava path tersebut setiap 0.5 detiknya. Selama baxia dalam mode ini, damage reduction yang merupakan effect dari “baxia mark” passive milik dari baxia efeknya akan bertambah sebesar 75%

Cooldown: 30.0 / 27.5 / 25.0

Mana Cost: 150

Baxia akan sangat efektif bila menghadapi :

Dengan berbekal baxia mark, maka baxia akan sangat baik apabila digunakan untuk bermain aggressive maupun melakukan ganking pada hero core musuh yang tidak memilki kemampuan untuk mengeluarkan burst damage seperti :

  • Moskov
  • Bruno
  • Hanabi
  • Claude
  • Leomord
  • Badang

Baxia akan sangat kesusahan apabila menghadapi :

Meskipun baxia merupakan frontliner yang sangat baik dalam melakukan tugasnya sebagai initiator, namun baxia tidak mampu menahan burst damage yang dapat dlancarkan beberapa hero seperti :

  • Lunox
  • Kaja
  • Karrie
  • Lilya
  • Granger
  • Harrith

Build item Set Baxia :

Build Emblem Set Baxia :

Build Skill Set Baxia :

Level 1-5

Skill : 2-1-2-3-1

Level 6-10

Skill : 1-1-2-3-2

Level 11-15

Skill : 1-2-1-3-2

Spell yang dapat kamu pilih untuk digunakan bersama baxia :

EARLY GAME :

Baxia akan lebih baik bila mengambil skill shield of spirit pada level 1, dimana spell tersebut merupakan spell yang memiliki peluang untuk digunakan secara terus menerus dengan cooldown yang relative lebih cepat daripada spell lain yang dimiliki oleh baxia (ini berlaku untuk baxia yang bermain di side lane ataupun di midlane). Dengan adanya shield of spirit, maka baxia akan memiliki lane presence yang sangat berbahaya bagi lawan yang ia hadapi dan akan memiliki impact yang lebih baik untuk melakukan harasshing terhadap musuh. Namun, baxia sendiri meruapak sebuah tank yang akan memilki nilai plus apabila dia bermain di side lane, sehingg dia lebih memiliki posisi yang lebih baik untuk melakukan pressure terhadap lawan yang ia hadapi di lane tersebut. Kemudia utamakan untuk memaksimalkan level dari shield of spirit karena impact yang diberikan oleh skill tersebut dengan lvl yang tinggi akan berdamapk sangat signifikan bagi team karena musuh akan sangat terganggu oleh efeknya.

MID GAME :

Pada saat sebuah game sudah memasuki mid game, maka baxia harus lah sudah memilki beberapa item di inventory nya, yang paling penting ialah : shadow mask(roaming item), warrior boots/tough boot atau juga bisa hanya bermodalkan basic roaming item, warrior boots/tough boots, dan ditambah 1 item defense seperti athena shield/cursed helmet/antique cuiras/blade armor. Pada fase ini baxia akan sangat memiliki impact yang sangat luar biasa bila berhasil melakukan stun saat ia melompat saat dalam kondisi “baxia-shield unity” nya, hero yang terkena stunn akan memiliki chance untuk terbunuh hingga 70%. Baxia juga harus mengejar item item defense yang dapat membuatnya bertahan lama saat clash terjadi sehingga bisa memaksimalkan penggunaan skill “shield of spirit” dan juga “tortoise puissance” yang akan sangat berdampak besar pada clash yang terjadi pada fase mid game ini.

LATE GAME

Pada fase game yang sudah terbawa hingga late game stage, baxia haruslah menggunakan skill set nya dengan sangat bijak. Baxia bukanlah type hero tank/support yang memiliki status  yang sangat tebal/bisa sngat susah untuk di takedown. Karena di stage late game semua core akan mengeluarkan damage yang sangat besar dimana baxia juga harus mengatur posisi nya dengan sangat hati-hati. Perlu diketahui pada stage ini, setiap hero yang terkena spell crowd control atau stunn meskipun hanya 1detik/0.5 detik saja, memiliki peluang untuk terbunuh yang sangaat tinggi sekali. Baxia, bukan hero yang sangat baik bila game telah terbawa hingga late game stage, namun apabila kalian dapat memaksimalkan penggunaan skill set dengan positioning yang pas, maka meskipun kalian hanya dapat melakukan stun kepada 1 lawan dan hanya berdurasi pendek, hal tersbut akan menjadi sebuah opening atau peluang untuk memenangkan clash yang terjadi pada late game stage ini.


Buat kalian yang pengen lebih tau soal Mobile Legend lainnya, tetep staytune yang di BLOG Akademi Esports Indonesia, karena pastinya bakalan ada cerita menarik lainnya dari hero-hero Mobile Legend!


Jangan lupa kunjungi kami di :

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook: @aegis.id

JOIN OUR DISCORD CHANNEL! https://discord.io/Aegisgg