Usai sudah Epicenter Major Dota 2 dan selamat juga untuk Vici Gaming yang berhasil menang tipis 3-2 melawan Liquid. Bagi pro player di Dota 2 turnamen ini merupakan turnamen terakhir sebelum The International dan dari turnamen ini jugalah tim-tim banyak belajar strategi untuk mengevaluasi permainan mereka. Selain itu, para pemain juga bisa belajar dari statistik turnamen untuk mengerti meta yang sedang trend apa. Makanya kali ini author akan menyajikan statistik menarik dari Epicenter Major khusus buat kamu.

Turnamen terakhir sebelum TI, Epicenter Major. dok: Epicenter.gg

Statistik Drafting Epicenter Major

Penasaran tidak kira-kira hero apa yang jadi momok di Epicenter Major? Nah pada gambar dibawah ini kalian bisa lihat 10 hero yang selalu diprioritaskan oleh para tim yang berlaga di Epicenter Major. Satu hero yang menduduki peringkat teratas dari segi first pick adalah Grimstroke. Grimstroke menempati posisi pertama dengan pick sebanyak 38 dan win rate 52.63%. Sosok Grimstroke sangat krusial bagi tim untuk mengharass carry musuh dan memenangkan team fight dengan skill Soul Bind yang bisa langsung mematikan hero musuh apabila tidak dicover.

Disamping itu, ada satu hero menarik yang lumayan jarang di pick di turnamen-turnamen sebelumnya tapi mulai di pick di Epicenter. Hero ini adalah Spirit Breaker. Walaupun win rate nya hanya 50% Spirit Breaker merupakan hero yang cukup ampuh untuk mengacaukan early game musuh. Belum lagi hero ini cocok dipakai apabila tim musuh mempunyai hero carry yang mudah diculik atau tidak mempunyai mekanisme kabur.

Beberapa hero lain yang masuk ke dalam daftar ini juga termasuk  hero yang sangat kuat di laning phase. Hal ini menunjukkan bahwa meta kali ini sangat menitikberatkan kemenangan war di menit-menit awal dan juga pressure di early stage. Hero seperti Chen, Spirit Breaker, Warlock, dan Grimstroke merupakan hero yang memiliki kemampuan snowball yang tinggi. Tak ayal, mereka menjadi hero favorit di Epicenter Major.

10 Hero yang jadi prioritas first pick di Epicenter Major. Dok: DatDota

Statistik KDA(Kill Death Assist) Player di Epicenter Major

Selain drafting, kita juga bisa melihat performa suatu tim dari KDA setiap playernya. KDA menunjukkan bahwa pemain tersebut mampu mendikte pemain dari tim hingga mengantarkan mereka kepada gelar juara. Apabila kita lihat dua player dengan KDA tertinggi adalah pemain dari tim yang menyabet gelar juara, Paparazi dan Ori. Jika diamati, kedua player ini selalu mendapatkan proteksi dan perhatian khusus dari ketiga pemainnya. Playstyle VG selalu bermain dengan core-core yang kuat di laning dan tidak mudah di pressure oleh lawan.

Selanjutnya, player di tim CIS (Rusia dan sekitarnya) mempunyai KDA yang juga tinggi. Hal ini disebabkan aktifnya para pemain Virtus Pro dan Gambit saat di fase laning dan mid game. Tim di CIS memang sangat terkenal dengan keagresifannya. Dimulai dari legenda Dota 2 CIS, Navi sampai sekarang yang dipegang Virtus Pro. Salah satu contoh strategi yang sering dilakukan oleh tim CIS adalah mewarding jungle musuh. Tim lain perlu mewaspadai poin ini apabila akan melawan mereka. Karena jika dibiarkan, carry pemain lawan akan tersiksa dan susah mendapatkan farm.

Terakhir, mid baru dari tim Liquid, W33 juga masuk ke dalam list KDA tertinggi. Akan tetapi W33 menempati peringkat terakhir. Bagi kamu fans Liquid, jangan was-was dulu. Ini bukan berarti tim Liquid masih kurang bagus performanya, akan tetapi mereka mulai membentuk playstyle tertentu yang juga fit terhadap permainan W33. Pada turnamen ini W33 mendapatkan comfort pick seperti Windranger, Meepo, dan Templar Assassin. Walau akhirnya kalah tipis 3-2 dengan tim VG, bisa dilihat bahwa dengan sedikit waktu dan latihan, mereka akan menemukan bentuknya yang baru.

Statistik player di Epicenter Major. dok:DatDota

Nah, buat kalian yang ingin ikut berkontribusi di dunia esports Indonesia yuk gabung sebagai coach atau content creator di Aegis? Gak kalah seru juga kalau kamu Ingin lebih jago di game favoritmu ? Yuk gabung dengan AEGIS, First Indonesia Educational Esports Platform!

Jangan lupa kunjungi kami di :

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook: @aegis.id