Siapa yang tidak mengenal Coach Heen? Sosok legendaris di belakang tim Liquid ketika mereka memenangkan The International 7, sosok dibelakang tim PowerHouse asal Filipina TNC, dan sekarang menjadi pelatih di Tim Secret.

Beberapa Fakta mengenai Heen yang perlu kalian ketahui :

  1. Coach Heen berasal dari Korea Selatan, dan ternyata sudah berada di usia kepala tiga (32 Tahun).
  2. Debut pertamanya di Liquid adalah pada tahun 2016, semenjak itu dia sudah membantu Liquid menorehkan banyak trofi Major-Minor. Hingga berujung pada TI 2017.
  3. Heen sudah menjadi coach di 3 Tim, Pertama adalah Liquid, dilanjutkan oleh TNC dan sekarang berada di Secret

Heen Hampir sudah berhasil menorehkan 14 juta Dolar semenjak menjadi Coach!

Di Wawancara ekslusif bersama Team Srecret Coach, Seung Geon "Heen" Lee mendalami tentang apa saja yang terjadi di perubahan-perubahan yang terjadi di 7.23, Kontribusi yang dilakukan sebagai seorang coach, pendapat Heen mengenai roster Secret yang sekarang, Tentang Tier 2/3 Scene, slot alokasi untuk major dan tentunya yang terakhir adalah debut secret di Event LAN pertama dengan roster dan coach baru di ONE Singapore Invitational.

Hey Heen, Pertama tentunya Selamat karena Secret sudah berhasil lolos di Major pertamanya. Bagaimana perasaanmu setelah kembali dengan langsung berbuah slot di Major?

Tentu lolos kualifikasi di major selalu berasa menyenangkan, terutama fakta bahwa kita sudah bisa lolos dari open qualifier selama tahun ini, dan bisa menyingkirkan banyak kebingungan kami mengenai patch yang baru dan kita bisa fokus terhadap apa-apa yang penting bagi tim kami.

Ceritakan pada kami, kenapa kamu bisa akhirnya berlabuh di Secret?

Jujur sederhana saja, Aku di approach oleh beberapa tim setelah TI9 dan setelah berpikir mengenai masa depan berdasarkan quallity life dan Championship aku akhirnya memutuskan untuk berlabuh ke tim Secret.

Seberapa bagus menruutmu tim Secret yang sekarang? Dengan adanya MATUMBAMAN sebagai Carry dan Nisha mengambil alih role Midone sebagai mid-laner. Apakah perubahan ini sedikit menyusahkan kalian?

Jujur saja, perubahan antar 2 pemain ini tidak terlalu susah. Pertama, bermain sebagai carry bukanlah hal yang baru bagi MATU. Kedua, Nisha pun memulai debut karir pemain professional nya sebagai pemain mid. Sehingga, mereka berdua beradaptasi dengan baik terhadap role yang mereka emban sekarang. Pertanyaan besarnya adalah, menemukan playstyle yang pas terhadap mereka berdua. Atau, yang biasa kita sebut sebagai Formula Menang.

Coach heen Menjadi drafter untuk tim TNC

Mari kita membahas tentang patch yang baru. Sebelum kita masuk ke detil-detil, Bagaimana menurutmu tentang 7.23? Karena banyak sekali perubahan yang terjadi di Outlaner Update?

Ketika pertama kali membaca 7.23, atau ketika sedang membaca itu. Aku tidak paham apa maksud dibalik patch itu. Tapi setelah memainkan game nya, ini bahkan tidak berasa seperti dota lagi. Kamu tetap harus melakukan 90% hal yang kamu lakukan sebelumnya untuk memenangkan suatu game.

Di aspek apa 7.23 merubah cara bermain dota 2?

Pertama, Ketika kita bicara map sekarang ada outpost, dan outpost adalah hal serius yang harus kita kontes. Roshan sudah tidak lagi sama seperti sebelumnya. Tower lebih mudah hancur, sehingga membuat tempo gamenya menjadi lebih cepat. Mungkin dikarenakan semua pemain mendapatkan Extra experience dan juga free item dari neutrals.

Dengan update ini, Tempo bermain dota 2 menjadi lebih cepat atau justru lebih lama dibandingkan sebelumnya ?

Menurutku tentu saja tempo gamenya menjadi semakin lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Sekarang lebih mudah untuk berpindah di map dan setelah kamu mempunyai keuntungan yang signifikan, kamu bisa bermain lebih jahat dengan mengkontrol outpost secara berturut-turut.

Kita sudah melihat hal-hal gila di 7.23 Sebagai contoh, Magnus yang memiliki Aghanim Scepter skewernya menjadi 4 detik saja. Kita melihat Nisha menggunakan hero itu dan menunddukan Nigma 2-0. Seberapa banyak hal ini terjadi di patch yang sekarang ? atau kamu memiliki contoh yang lain ?

Hmm, sebenernya opini kami sebagai tim profesional mengenai hero selalu berubah setiap saat. Karena meta selalu berubah dengan cepat, namun tentu harus ada beberapa hal yang dilakukan. Ketika tim 90% harus melakukan ban kepada spesifik hero tertentu terlepas dari siapa tim yang mereka lawan tentu ini bukan sesuatu yang sehat untuk scene kompetitif di dota 2.

Bagaimana menurutmui tentang Item yang jatuh dari Neutral? Item-item seperti Poor man Shield, Ring of Aquila dan banyak item lainnya. Seberapa besar benefit item itu untuk tim yang sedang kalah? menurutmu, Seberapa penting peran item ini terhadap menentukan jalannya pertandingan di meta sekarang?

Untuk sekarang, aku belum melihat menang kalahnya suatu game ditentukan oleh RNG item yang terjadi. Tentu, bila kamu mendapatkan item yang payah dan musuh kamu mendapatkan item yang bagus kamu akan merasa bete. Namun, aku pikir tier 1-3 item tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap jalannya game.

Beberapa item aku rasa sudah cukup bagus karena bisa diberikan kepada beberapa hero teman yang lain untuk dipakai dan bisa digunakan, oh ya btw mint atolong itu Iron talon dihilangkan saja. Item yang benar-benar sampah.

Heen ketika bersama TNC

Mengenai Outpost, bagaimana pendapatmu tentang keberadaan outpost di pro scene? Seberapa signifikan perubahan ini terjadi?

Dasar dari keberadaan Outpost adalah membuat tim kamu bisa bermain lebih gampang dan lebih cepat meskipun t1 tower sudah hancur. Yang awalnya ada kemungkinan musuh bisa menguasai 3 map, hal ini tidak bisa terjadi bila kamu sudah memiliki outpost. Dan tentunya, beberapa mind game pun bisa terjadi. Hanya dengan melihat posisi musuh berada di sudut sebaliknya belum tentu musuhnya bisa repositioning keberadaan mereka. Tentu, ada insenstif yang lebih besar dikarenakan keberadaan outpost. Lihat saja Qualifier dan lihat apa yang terjadi, banyak sekali teamfight yang terjadi di dekat outpost, sebelumnya itu hanya terjadi di roshan atau bounty.

Gambaran besar mengenai tim Secret sebagi Coach

Sebagai Coach, di aspek mana kamu memberikan kontribusi yang besar terhadap Secret. Apakah hal ini hanya mengenai draft?

Untuk sekarang, kebanyakan mengenai Drafts dan konsep, Dikarenakan ada patch besar yang terjadi tentu untuk sekarang hal terpenting adalah mencari hero baru dan melakukan re-prioritas terhadap elemen-elemen yang terjadi di game. Dikarenakan waktu patch yang belum lama, maka kita lebih fokus ke Gambaran besarnya terlebih dulu, bukan gambaran-gambaran kecil ataupun yang spesifik.

Menuju ke depan, Mantra apa yang kamu berikan terhadap SECRET sehingga mereka bisa selalu fokus untuk menunjukkan performa terbaik mereka?

Fokus ke permainan dan belajar dari itu. Tidak banyak yang perlu dipikirkan selain itu. Kami hanya harus selalu percaya diri dengan ide yang kami persiapkan, tapi kalau misalnya ada beberapa hal yang lebih penting. Itu adalah turunkan ego sebagai player dan fokus terhadap hal-hal yang bisa di improve sebagai TIM.

Menurutmu, hero apa yang akan diunggulkan di patch kali ini ? Apakah kamu akan melihat Void Spirit dan Snapfire masuk ke dalam Meta ketika mereka diperkenalkan di Captain Mode?

Aku pikir Keduanya merupakan hero yang sangat kuat, baik itu Void Spirit maupun SnapFire keduanya merupakan hero kuat. Jujur, awalnya aku merasa Void Spriit adalah garbage ketika dia di awal masuk. Namun semenjak Icefrog memberikan buff dan orang-orang belajar dengan cepat hero itu menjadi hero yang bisa dimainkan. Hero-hero baru sangatlah fun untuk dimainkan para tim professional, namun sebelum mereka dimasukkan ke Captain Mode hal itu bukanlah hal yang perlu kami pikir.

Musim 2019/2020 sudah dimulai. Siapakah penantang secret terkuat di musim ini ? atau sama seperti sebelumnya?

Aku tidak bermaksud kasar dan tidak sopan, namun apa yang perlu kita pedulikan? Kita hanya ingin menjadi tim yang terbaik dan hanya itulah yang penting. Meskipun ada tim yang bukan tim tier 1, namun kita bisa melihat mereka dan belajar dari ide-ide mereka dan menjadikan itu nilai tim kita. Maka kita akan lakukan.

Scene Pro selalu dibentuk berdasarkan mengikuti insingmu terhadap the game, melihat apa yang orang lain lakukan dan menjadikan itu sebagai milikmu.

Quote dari salah satu coach terbaik sepanjang masa di dota 2

Terakhir Coach, Bagaimana kesempatan Secret untuk memenangkan ONE SINGAPORE INVITATIONAL dan Dreamleague major dengan Secret? Seberapa Percaya diri kamu ?

Kami berpikir kami tidak bermain sebagus yang kami ekspektasikan di qualifier kali ini, namun bila kami bisa memoles permainan kami, aku rasa kita memiliki kans yang cukup bagus untuk juara. Dota dan tim berubah sangat cepat. Kita akan melihat apa yang perlu kami pelajari untuk menjadi juara.


Pengen ikut berkontribusi di Esports Indonesia ? Yuk gabung bersama kita sebagai Coach atau Content Creator di Akademi Esports Indonesia! Yuk bergabung dengan AEGIS, Your First Indonesia Educational Esports Platform!

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook : @aegis.id

JOIN OUR DISCORD CHANNEL! https://discord.gg/hxvZxvG