Hobgen Underlord rasa api. Dok:Valve

Konsep Underlord di Dota Underlords sangatlah unik dimana setiap Underlords mempunyai playstyle masing-masing yang membuat mereka lebih kuat dalam sinergi alliance tertentu.  Banyak dari para player yang masih belum memaksimalkan kemampuan Underlords sehingga pada saat late game pemilihan talent ataupun komposisi malah jadi bumerang pada saat melawan musuh yang lebih tahu. Oleh karena itu  dalam artikel kali ini aegis akan membahas lebih dalam tentang Hobgen, yuk simak artikelnya.

Hobgen mempunyai skill unik yang dapat membantu player scale hingga ke late game. Skill itu adalah skill pasif yang dapat memberikan “fire debuff” selama 3 detik pada musuh yang diserang dengan auto attack. Efeknya tidak tanggung-tanggung, Hobgen dapat membakar darah musuh sebesar 2.5% setiap detik. Bayangkan apabila skill ini dibawa hingga ke late game!

Skill Dasar Hobgen

Passive ability: Fire debuff. Hobgen mendapatkan 1.65 Hyper Per Second (HPS) dengan tambahan 1.20 HPS setiap unit yang terbakar. Debuff berlangsung selama 3 detik dan unit yang terbakar akan terkena damage 2.5% pure damage setiap detik.

Explosivo: Hobgen mengeluarkan bola api kemusuh dan sekitarnya dengan menyerang dengan 125 damage.

Super Charged: Hobgen membuff teman terdekatnya (Hobgen prefer unit yang non diagonal untuk di buff), unit yang terbakar akan mendapatkan tambahan attack speed.

Ultimate

Let’s go Crazy : Machine Gun Hobgen, ulti situational bagi lineup tanky karena bukan instant damage.

Friendly Fire : Skill yang sangat ampuh apabila disinergikan dengan mage alliance. Skill ini membombardir satu map dengan bomb dengan damage yang cukup tinggi.

Alasan memilih Hobgen

Pro

  • Bersifat offensive dan mempunyai damage output yang tinggi pada late game
  • Super-Charged di buff dari 20% damage reduction jadi 45% damage reduction
  • Talent lvl 30 (Silence) sangat OP
  • Cast time sekarang lebih cepat

Cons

  • Kurang mempunyai skill sustain
  • Lebih lemah di early game
  • Skillnya kurang fleksibel dengan mix synergy alliance
  • Build tertentu mensyaratkan Hobgen untuk jadi frontliner

Rekomendasi Sinergi Alliance

Mage, Primordial, & Dragon Alliance

  • Burst Mage akan mempercepat skill Friendly Fire Hobgen
  • Talent Hobgen banyak yang mage friendly seperti:  Pyrotechnics, Explosivo, Friendly Fire dan Feedback Loop

Mage, Scrappy & inventor Alliance

  • Kaboom sangat cocok disandingkan dengan talent mechanics
  • Talent Hobgen seperti Spark dan Pyrotechnics mengatasi kebutuhan mana dari unit-unit ini

Full Assassin Alliance

  • Talent Firebreak sangat kuat apabila digunakan pada assasin yang squishy
  • Kelemahan Assassin yang mudah diburst dengan spell dapat di mitigasi dengan talent Keep it Secret
  • Bisa juga dikombinasikan dengan Insect sebelum mendapatkan unit-unit tertentu, disarankan juga untuk melihat banlist/jail list terlebih dahulu.

Pemilihan Talent

Talent Level 10

Burning Down The House

Rekomendasi : Best

Pilihan paling fleksibel Hobgen, karena skill ini membantu fire debuff ke stack ke semua musuh sehingga meningkatkan Hype dan DPS dari Hobgen.

Pyrotechnics

Rekomendasi: Cocok untuk spellcaster seperti Mage dan Warlock

Apabila kamu menggunakan unit yang haus akan mana, maka talent ini sangat cocok. Syarat dari skill ini adalah hero yang dibunuh harus terkena fire debuff terlebih dahulu. Akan tetapi tidak semua hero  yang mati mempunyai mana yg cukup besar atau bahkan sudah habis setelah mengeluarkan spell. Sehingga positioning juga menentukan agar skill ini bisa sangat efektif

Burn Out

Rekomendasi: Opsional - Spirit Breaker Tier (17%)

Talent ini sangatlah opsional dikarenakan trade off talent lain lebih kuat. Talent ini memberikan skill passive yaitu stun/bash ke unit yang terkena supercharge. Walaupun begitu perlu diingat kalau supercharge selalu baru keluar pada pertangahan battle

Firebreak

Rekomendasi: Cocok untuk Assassin atau Warrior alliance build

Salah satu skill yang barusan di buff Icefrog, eh salah Valve. Skill ini sebelumnya meningkatkan 20% damage reduction, akan tetapi sekarang naik jadi 45%. Beberapa hero yang mempunyai sustain tingkat tinggi terutama assassin dengan mask of madness sangat cocok dipasangkan dengan talent ini. Kelemahan talent ini adalah skill ini membutuhkan hype yang besar sehingga baru muncul di tengah-tengah battle.

Talent Level 15

Grease Fire

Rekomendasi : Situational

Grease Fire merupakan skill situational karena skill ini bisa di counter oleh musuh dengan mudah. Apabila musuh menempatkan unitnya berdekatan maka skill ini akan sangat efektif untuk meningkatkan Hype dari Hobgen.

Implosion

Rekomendasi: Situational dan bagus untuk Mage Alliance

Alternatif DPS yang cukup kuat, Implosion membuat Hobgen jadi tukang DPS yang cukup reliabel. Sangat cocok bagi lineup yang membutuhkan DPS yang besar atau mage Alliance untuk memperkuat sinergi Mage.

Kaboom

Rekomendasi: Cocok untuk unit Tank dan sinergi Inventor & mage Alliance

Skill yang sangat spesifik dikhususkan untuk scrappy Alliance. Skill ini membuat unit yang terkena supercharge bisa meledak dan ketika dibunuh unit tersebut akan meledak dengan 20% damage dari max hp-nya. Dengan sinergi Inventor skill ini secara teori dapat membuat satu inventor meledak dengan tambahan damage sebesar 40% dari max hp.

Hot Rod

Rekomendasi: Best

Menambah attack speed Hobgen sebesar 10 setiap level Hobgen. Talent yang sangat fleksibel karena seperti yang saya bilang. Kekuatan Hobgen terdapat dari banyaknya unit yang terbakar atau terkena fire debuff. Dengan Talent Burning Down The House  maka talent ini jadi semakin kuat. Note: kalau memainkan mage sebagai alternatif kamu bisa menggunakan skill lain agar bisa memaksimalkan damage magicmu.

Talent Level 20

Let’s Go Crazy

Rekomendasi : Situational

Talent ini memungkinkan Hobgen seperti memakai mask of madness pada dirinya sendiri. Attack speed Hobgen akan naik tetapi dia akan terkena silence. Tapi jangan kuatir karena Hobgen sendiri DPSnya sudah mencukupi untuk menjadi damage dealer.

Friendly Fire

Rekomendasi : Best , terutama dengan Alliance Mage

Talent ini merupakan bread & butter signature dari Hobgen. Hobgen akan mengeluarkan bomb secara random dengan damage yang cukup besar.

Talent Level 25

Afterburn

Rekomendasi: Sedikit hit & miss

Masih ada talent yang lebih baik lagi untuk diambil di bracket ini. Damage dari talent ini tidak seberapa dan kurang kuat untuk Hobgen yang tipe Underlordnya burst damage.

Drain Bomb

Rekomendasi: Sedikit hit & miss

Talent ini kuat ketika talent Explosivo! Jika mengenai Underlord ini mempunyai impact yang tinggi karena bisa mengurangi Hype Underlord tersebut. Tetapi jika dibandingkan dengan talent Keep It Secret maka skill ini yang gunanya mengurangi mana malah terkesan tidak berguna karena dengan talent Keep It Secret musuh akan langsung terkena silence.

Feedback Loop

Rekomendasi: Bagus untuk Mage Alliance

Talent yang cocok dipadukan dengan mage Alliance karena dengan skill ini tidak hanya spellcaster bisa dapat mengisi mana dengan cepat tapi damagenya juga bisa semakin bertambah. Skill spesifik yang harus kamu coba pakai ketika kamu menggunakan mage alliance.

Molten Armor

Rekomendasi: Best

Talent yang sangat kuat ketika dikombinasikan dengan talent Keep It Secret, talent ini memungkinkan musuh untuk terbakar atau terkena fire debuff ketika menyerang Hobgen. Dengan kombinasi talent Keep It Secret, maka dipastikan musuh yang menyerang Hobgen = auto silence. Imba Op GG pls Nerf.

Shockwave

Rekomendasi: Situational

Sedikit underwhelming dibandingkan talent lainnya pada level 30. Talent ini mungkin cocok bagi kamu yang mempunyai build tanpa banyak disabler atau stunner. Selain itu talent ini cukup meh.

Spark

Rekomendasi: Best for Mage Alliance

Seperti biasa, Hobgen selalu saja ada talent yang worth banget di pick jika kamu menggunakan Mage Alliance. Spark = free refresher orb jika unitmu terkena supercharge. Walaupun begitu talent ini impactnya masih kurang daripada talent Keep It Secret

Keep It Secret

Rekomendasi: Auto Pick Plz Nerf

Sedikit lucu jika Hobgen ini dibilang punya sinergi yang sangat kuat dengan Mage Alliance padahal dia juga pembasmi paling ganas buat Mage. Dengan talent ini + Molten Armor, semua Mage yang menyerang Hobgen = auto silence. Jika Mage terkena Silence 100% wassalam. Dari semua player yang author temuin hampir 80% memilih talent ini karena OPnya.

Melting Point

Rekomendasi: Situational

Secara teori memang talent ini bisa mengurangi armor terutama jika fightnya berlangsung lama. Tapi talent ini kurang mempunyai sinergi dan masih kalah jauh dengan talent lainnya di level ini.

Ya Burnt!

Rekomendasi: Best

Talent ini bisa meningkatkan damage rate dari fire debuf. Hobgen disini fix jadi tukang bakar-bakar yang damagenya jadi lumayan sakit. Skill default untuk talent Let’s Go Crazy.Talent ini direkomendasikan bagi player yang suka memakai alliance yang tanky sehingga bisa memaksimalkan DoT alias Damage over Time dari fire debuff.

Fire Suppression

Rekomendasi: Situational

Sangat situational dan cocok digunakan melawan Alliance Scrappy. Talent ini membuat musuh yang terbakar tidak bisa regen dan healingnya berkurang sebesar 50%..

Sticky Strike

Rekomendasi: Best

Default talent untuk friendly fire. Menambah DPS? No problem! Hobgen bakal semakin GG jika menggunakan talent ini karena ada tambahan permanent damage bagi unit musuh yang terkena bom.

Danger Close

Rekomendasi: Situational

Melawan mage atau hunter alliance yang suka bergerombol? Danger Close solusinya. Dengan talent ini kamu tidak perlu khawatir ada bom nyasar. Bom pasti akan menuju board musuh. Tapi berhati-hatilah jika musuhmu Assassin, dapat dipastikan bombnya akan nyasar hahaha.

Nah begitulah guide dari [Aegis Raykaf]. Kalau masih penasaran skuy diskusi aja lebih lanjut di Discord Aegis. Sekarang Discord Aegis sudah ada channel Underlordnya loh!



Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)