Pada artikel kali ini Kuro “KuroKy” Takhasomi akan bercerita bagaimana ambisi kedepannya tim Liquid dan juga ambisi pribadinya. Cerita ini diambil oleh penulis dari video RuHub Media.

Kuroky di MDL Disneyland. Source MDL

Apapun namanya Dota tetaplah Dota, Kuroky tetap menyukai Dota yang dulu dan juga menyukai Dota yang sekarang. Satu hal yang berubah adalah scene-nya. Sekarang lebih banyak tim yang hebat dari berbagai belahan dunia. Dulu cuma ada 1, 2, atau bahkan 3 tim saja. Tidak hanya banyak, sekarang scene-nya juga lebih kompetitif. Akan tetapi sekarang hanya satu kompetisi saja yang sangat penting bagi pemain Dota 2. Dulu karena scenenya lebih kecil, pemain pro sangat dekat satu sama lain tetapi sekarang tidak. Secara kompetitif akan menarik orang untuk mencari yang terbaik maka setiap orang benar-benar memilih lingkungannya. Terutama karena menjadi pemain pro juga terbatas, jadi waktu pemain Dota untuk menorehkan gelar TI juga hanya terbatas beberapa tahuns aja.

Batas Pemain Pro Dota 2

Ada dua batas. Yang pertama adalah game itu sendiri. Game itu menjadi tua dan membatasi pemain untuk berkreatifitas. Lalu yang kedua adalah pemain. Pemain tua mempunyai keterbatasan skill mekanik. akan tetapi pemain tua juga mempunyai keuntungan. Beberapa keuntungan dari pemain tua adalah mereka pastinya lebih berpengalaman dan mempunyai paham strategik bagaimana memenangkan pertandingan dan mengelola tim.

Disiplin, Performa, dan Menghindari Burnout

Sebagai pemain professional seharusnya kita sendiri tahu bagaimana cara menyeimbangkan antara bermain DOTA dan kesehatan kita. Olahraga dan makan-makanan yang sehat sangatlah penting bagi pemain Dota. Salah satu hal yang jadi problem utama bagi pemain pro adalah travelling. Dengan berbagai kompetisi diberbagai belahan dunia, kita dituntut untuk beradaptasi secara cepat. Mulai dari waktu, makanan, hingga budaya. Beberapa orang bahkan tidak bisa makanan-makanan tertentu (contoh: mencari makanan halal). Bagi beberapa orang melakukan traveling dan bermain dengan intensitas tinggi dapat membuat cepat burnout. Oleh karena itu penting bagi tim untuk berdiskusi bagaimana mengatasi hal tersebut.

Organisasi dan Tim Dota 2 Kedepannya

Salah satu organisasi yang difavoritkan oleh Kuroky adalah Astralis, tim CS:GO. Organisasi ini mempunyai fasilitas dan infrastruktur untuk membuat tim berkembang dengan mudah. Mereka menyediakan psikologis dan berbagai fasilitas lain yang benar-benar berfokus pada pemain.

Kuroky percaya bahwa dalam waktu dekat organisasi di Dota 2 akan melangkah seperti layaknya Astralis. Akan tetapi, sekarang Dota 2 lebih didominasi oleh pemain-pemain yang bebas. Pemain pro yang kuat akan menarik satu sama lain dan bermain bersama. Lalu menjadi besar bersama. Kedepannya karena esports semakin besar maka besar kemungkinan akan muncul tim Dota 2 seperti Astralis.

Team Liquid Kekalahan, Kemenangan, dan Rencana Kedepannya

Menurut Kuroky Liquid memang tim “tua”, dan itulah permasalahannya. Agar tetap solid atau mempertahankan performa, tim perlu mengganti pemainnya atau menyelesaikan permasalahannya. Hal ini dapat diibaratkan dengan hubungan satu sama lain, butuh waktu, dan bisa jadi butuh waktu yang lama. Saat ini Liquid ada dalam stage dimana kami ingin bermain bersama bareng dan kita senang dengan satu sama lain. Akan tetapi karena kita termasuk tim yang lama, orang-orang atau tim lain jadi mengerti dan bisa mengcounter tentang kita. Kita jadi tim yang benar-benar transparan di mata tim lain. Kita bukan pemain baru dengan playstyle yang baru. Sama halnya dengan dulu saat Miracle- muncul discene dan bermain untuk OG, Miracle merupakan pemain yang sangat kuat. Tapi sekarang hal ini muncul di Secret dengan Nisha. Dengan tim Liquid sekarang semua orang paham hero pool  dan juga playstyle kami sehingga kita perlu berubah dan itu membutuhkan waktu yang lama. Itulah tantangan tim Liquid kedepannya.

Nah, buat kalian yang ingin ikut berkontribusi di dunia esports Indonesia yuk gabung sebagai coach atau content creator di Aegis? Gak kalah seru juga kalau kamu Ingin lebih jago di game favoritmu ? Yuk gabung dengan AEGIS, First Indonesia Educational Esports Platform!

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook: @aegis.id