Pada November lalu, AEGIS sempat melaporkan bahwa rata-rata pemain DOTA 2 menyentuh titik terendah dari rata-rata sejak Januari 2014. Nah pada awal 2020 ini ternyata mimpi buruk tersebut belum berakhir, berdasarkan data dari Dota 2 Steam Charts, rata-rata pemain bulanan Dota 2 ternyata lebih rendah dari sebelumnya dan bahkan semakin turun.

Dota 2 Steam Charts

Berdasarkan Steam Chart tersebut, average player sejak September 2019 selalu mengalami naik turun dan bahkan turun dengan angka paling rendah 378.925. Jika angka Januari 2020 tersebut dibandingkan dengan tahun 2013 dahulu, kita bisa melihat bahwa angka tersebut lebih rendah dari angka terakhir sejak tahun 2013.

Perbandingan Average Player tiap tahun di Bulan Januari

Kenapa menggunakan perbandingan perhitungan di bulan Januari ? Biasanya, Season berakhir di bulan Desember setelah hype yang memuncak di bulan Agustus dengan The International didalamnya. Saat Season berakhir para pemain pro biasanya menggunakan waktu kosong tanpa turnamen tersebut untuk liburan panjang dan menunggu untuk patch terbaru. Bulan Januari, para pemain sudah kembali dari liburan maupun cuti mereka dan memilih untuk bermain demi bisa beradaptasi dan bersiap-siap untuk menghadapi turnamen New Season, puncaknya terjadi saat Januari tahun 2016 yang menyentuh angka 612.175.

Jika melakukan perbandingan persentase maupun nominal, penurunan jumlah pemain di bulan Januari di tahun 2019 ke 2020 merupakan yang tertinggi selama 7 tahun terakhir dengan angka 96 ribu, lebih tinggi dari penurunan di tahun 2017 ke 2018. Setelah The International mungkin merupakan kunci dimana pemain butuh sesuatu yang baru, yang fresh dan perlu dihadirkan oleh Valve dimana New Event maupun New Patch sangat dinanti.

Outlanders Patch DOTA 2

Well, Valve mengabulkannya dengan memunculkan Big Patch Outlanders dengan pengenalan Neutral Items, Outpost dan lain sebagainya, mungkin sebagian besar terlalu kaget dan berakhir tidak suka dengan banyaknya perubahan yang ditampilkan. Apapun alasannya, mungkin memang jumlah pemain Dota 2 tergerus jaman dengan sedikitnya New Player yang datang dan banyak Old Player yang berpindah ke Mobile Games. Mari kita berharap Valve mampu mengatasinya dan pastinya mereka akan memberikan yang terbaik pada komunitas yang sudah berdiri sejak lama ini.

Nah, bagaimana menurut kalian apakah ada cara lain untuk meningkatkan pemain di DOTA 2?


Pengen ikut berkontribusi di Esports Indonesia? Yuk gabung bersama kita sebagai Coach atau Content Creator di Akademi Esports Indonesia! Yuk bergabung dengan AEGIS, Your First Indonesia Educational Esports Platform!

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook : @aegis.id

JOIN OUR DISCORD CHANNEL! https://discord.gg/hxvZxvG