Bagi yang mengenal Ad Finem, tentu kalian akan mengingat masa-masa saat mereka sukses memberikan kejutan di Boston Major 2016. Roster yang berasal dari Yunani tersebut sukses menjadi juara kedua saat itu.

Bagaimana tidak, datang sebagai tim yang tidak diunggulkan. Mereka bisa melangkah sampai ke grand final berkat permainan mereka yang sangat mengagumkan. Mereka sukses memulangkan dua tim asal Tiongkok, Newbee dan LGD.Forever Young saat babak 16 besar dan 8 besar.

Di babak semifinal, mereka bertemu dengan Digital Chaos yang sebelumnya meraih peringkat kedua The International 2016. Namun akhirnya, mereka berhasil mengalahkan DC dengan skor 2-0.

Menghadapi OG di grand final, mereka sempat tertinggal dua game. Namun mereka justru bisa mencuri kemenangan di game ketiga berkat permainan epik mereka saat hendak menghancurkan base OG.

Baru-baru ini, Ad Finem akhirnya kembali dengan roster mereka saat Boston Major setelah semua pemainnya sempat berpisah. Ada yang pindah tim tidak sampai 3 bulan, ada yang memutuskan merantau di luar region mereka, bahkan ada juga yang sempat pensiun dari kompetitif DOTA 2.

Berikut para pemain mereka:

  • Omar “Madara” Dabachach
  • Dimitris “ThuG” Plivouris
  • Kharis “SkyLark” Zafiriou
  • Verros “MaybeNextTime” Apostolos
  • Giorgos “SsaSpartan” Giannakopoulos

Roster Ad Finem kembali terbentuk sejak Juni 2019 atau menjelang TI9. Meski gagal lolos ke main event, mereka akhirnya tetap bersama. Tercatat, SkyLark yang sempat dikeluarkan dari tim pada Juli 2019 kembali 2 bulan kemudian.

Penantian mereka tidak sia-sia berkat raihan mereka di kualifikasi DOTA Summit 11. Mereka berhasil lolos ke main event usai meraih hasil dramatis dari Team Singularity dengan skor 3-2.

Akankah, Ad Finem mampu memberikan kejutan saat DOTA Summit 11 seperti saat mereka di Boston Major 2016? Kita tunggu saja.