Roster Clutch Gamers saat itu. Dok. ClutchGamers

Setelah sebelumnya mengulas tim yang tidak membayar, TNC Tigers, muncul lagi satu tim yang juga melakukan hal yang sama. Tim tersebut bernama Clutch Gamers. Clutch Gamers dituduh belum membayar hasil juara turnamen dan juga gaji oleh Yol, mantan pemainnya yang jauh-jauh datang dari Rusia.

Yol mengeklaim bahwa total gaji sebesar $5000 selama dua bulan belum dibayar beserta hasil menang turnamennya sebesar $21,500 setelah menjadi juara dua di turnamen ProDotA Cup Season 12.  Dalam screenshot dibawah ini, Aegiser bisa melihat kurang mampunya owner dari Tim mengelola secara profesional timnya sehingga uang juara turnamen malah membuat mereka teraudit. Alih-alih mendapatkan uang hasil juara turnamen mereka malah didenda karena tidak mengurus legalitas dari entitas tim serta legalitas mendatangkan player-playernya dari berbagai Negara.

Jawaban dari owner Clutch Gamer pada bulan lalu . Dok: Reddit

Sebenarnya Yol juga sudah menanyakan secara baik-baik kepada owner tim Clutch Gamer, pada Jaseem Khan akan tetapi sejak 2018 Jaseem selalu menunda-nunda permasalahan ini. Hingga akhirnya sudah setahun berlalu dan Yol merasa dirinya ditipu oleh owner Clutch Gamer.

Screenshot percakapan Yol dengan Owner Clutch Gamer. Dok: Reddit

Akhir kata, author merasa bahwa scene di Asia Tenggara dan esports sendiri masih terbelakang daripada negara-negara lainnya. Hal ini bisa dilihat dari kurang awarenya para pemilik tim terkait legalitas dan administrasi yang harus dipenuhi agar tim tersebut bisa beroperasional dengan baik. Belum lagi dengan permasalahan ini maka akan menambah panjang runtutan kasus negatif terkait esports di Asia Tenggara. Walau begitu tetap jangan khawatir dan terus dukung tim jagoan esportsmu ya. Karena dengan dukungan kalian tim favorit kalian pasti akan bisa survive di kondisi yang kurang stabil seperti ini.


Nah, buat kalian yang ingin ikut berkontribusi di dunia esports Indonesia yuk gabung sebagai coach atau content creator di Aegis? Gak kalah seru juga kalau kamu Ingin lebih jago di game favoritmu ? Yuk gabung dengan AEGIS, First Indonesia Educational Esports Platform!

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook: @aegis.id