Setelah banyak yang bertanya-tanya tentang update Seasonal Ranking Dota 2, besok pada tanggal 19 September atau hari Jumat pagi tanggal 20 September pagi waktu Indonesia akan direset dan mulai memasuki musim keempat. Tidak hanya itu, beberapa perubahan dilakukan oleh Valve terutama di sistem Ranked Matchmaking dan memberikan hukuman keras terhadap pelaku smurf yang semakin lama semakin bertambah.

Berikut beberapa informasi penting yang dirilis oleh Valve di Blog mereka:

DRAFT ROLE REPORT HAS BEEN RELEASED!

Sumber: Reddit

Terkadang saat kalian memainkan MMR, kalian menemukan Faceless Void yang memilih role hard support, pasti tidak mungkin hero seperti Faceless Void akan menjadi support di game tersebut, terkecuali dia merupakan titisan JerAx atau gh kan ?

Nah pada update terbaru besok, akan dimunculkan Report Feature saat proses drafting dan jika sudah in-game. Valve menginginkan agar semua orang bisa memainkan sesuai role yang mereka pilih, dengan menegaskan akan memberikan hukuman tegas kepada pemain yang menyalahgunakan sistem. Semoga sudah tidak ada lagi Faceless Void sebagai Hard Support lagi ya!

BANNED FOR TOXIC PEOPLE

Update kali ini juga memberikan ban kepada pemain yang memiliki Conduct Summary atau perilaku yang mereka lakukan selama in-game. Semakin banyaknya report dan commend akan sangat berpengaruh terhadap Conduct Summary kalian. Saat melakukan aktifitas yang berakibat negatif kepada komunitas, maka Valve tidak akan segan menghukum mereka yang bersikap toxic pada sebuah match

Hal tersebut terjadi pada akun milik salah satu pro player yaitu EternalEnvy, dimana akun smurf miliknya terkena banned karena memiliki Conduct Summary rendah karena terlalu banyak report yang masuk ke akun tersebut.

Source: EternalEnvy TwitchTV
Source: EternalEnvy Twitter
Sebuah perbedaan antara akun asli milik EternalEnvy dan akun smurfnya.
Sumber: Reddit
Salah satu bukti ketegasan Valve dipost oleh pemain di sub forum Reddit Dota 2. Pemain tersebut mendapatkan ban sampai 19 tahun!

Pemberian ban juga dilakukan kepada pemain yang melanggar Steam Service Agreement maupun pemain yang ketahuan menggunakan cheat yang menguntungkannya maupun rekan setimnya. Nomor handphone yang sudah terdaftar dari Valve akan mendapatkan ban dan terkena Blacklist untuk menggunakan Ranked Mode.

UNABLE TO SMURFING

Meningkatnya akun smurf disadari Valve, karena adanya kesalahan di sistem mereka yang membuat pemain dapat memainkan mode Ranked tanpa perlu melakukan verifikasi nomor handphone ke akun mereka. Dalam update terbarunya, Valve memberikan aturan yang ketat, dimana jika terdapat akun yang belum terverifikasi maka akan dihentikan untuk melakukan Match Queue.

Ada juga lebih ketatnya akses untuk memainkan Ranked Mode, yang sebelumnya harus memainkan 100 game terlebih dahulu. Namun kali ini aturan berubah dengan minimal harus memainkan Dota 2 selama 100 jam, jika mereka tidak memenuhi syarat tersebut maka mereka tidak bisa memainkan Ranked Mode.

Valve akan melakukan tindakan pencegahan yang lebih ketat saat Calibrating Rank. Contohnya saat sudah selesai Calibrate, Rank yang akan muncul selanjutnya tidak akan berubah jauh dari sebelumnya walaupun kalian 10 win-streaks saat Calibrate.

"Kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengecek pemain yang ketahuan menggunakan smurf atau boosting dengan menempatkan player di MMR lebih tinggi pada saat Calibrate maupun Matchmaking, kami bisa mengecek lebih akurat dan memberikan ban kepada pemain yang melakukan smurf ataupun boosting."

Hal tersebut dilakukan sebagai tindakan pencegahan oleh Valve untuk mereka yang mempunyai Rank tinggi tetapi skill dari gameplay mereka rendah, sehingga bisa meminimalisir akun smurf atau boosting namun tetap dengan pertimbangan yang matang.


Bagaimana kira-kira pendapat kalian soal update Matchmaking Season terbaru dari Valve ini ? Apakah akan mengurangi jumlah boosting dan smurf ? Ataukah hanya mempersulit mereka untuk mencapai ke tingkat yang lebih tinggi ? Mungkin juga bisa membuat pemain frustrasi dan meninggalkan Dota 2 ?

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook: @aegis.id