Kancah Tekken 7 biasanya didominasi oleh pemain dari Korea Selatan atau Jepang. Namun di ajang Evolution Championship Series atau EVO 2019, turnamen Tekken terbesar di dunia berhasil dijuarai oleh pemain asal Pakistan yaitu Arslan Siddique atau dikenal dengan nama Arslan Ash.

Pakistan saat ini menduduki peringkat 6 sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia. Namun Pakistan merupakan negara yang sulit diakses untuk berpergian yang membuat esports di negara tersebut tidak begitu populer termasuk Tekken 7.

Arslan Ash sebelumnya dikenal sebagai pemain King of Fighters ternama di Pakistan sebelum akhirnya pindah ke Tekken 7. Namanya mulai dikenal di komunitas Tekken usai mengalahkan Knee, pemain Tekken ternama asal Korea Selatan di final OUG Tournament 2018 yang diadakan di Dubai.

Ia sempat menemui berbagai kendala saat mengikuti EVO Japan 2019 yang diadakan di Fukuoka. Dimulai dari transit ke Fukuoka yang sangat panjang sampai tidak mempunyai uang Yen saat ia sampai di Jepang. Beruntung, ia tiba beberapa menit sebelum turnamen dimulai.

Pengorbanannya untuk bisa bertarung tidaklah sia-sia dengan sukses mengalahkan pemain-pemain Tekken ternama termasuk LowHigh, pemenang EVO Japan 2018. Saat babak final, ia sukses mengalahkan AK, pemain Tekken asal Filipina dan berhasil membawa pulang 1,5 juta Yen atau setara 198 juta rupiah.

Sumber: EVO

Dukungan dari komunitas Tekken membuat ia bisa mendapatkan visa untuk bertanding di EVO 2019 yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat. Sebelum turnamen tersebut ia mengikuti WSOE 7: Tekken 7 Showdown yang diadakan di New York. Sayangnya, ia harus puas di peringkat 7-8 usai dikalahkan Jimmyjtran, pemain Tekken asal Amerika.

Namun ia berhasil menghapus keraguan tersebut usai berhasil meraih 8 besar saat EVO 2019. Lawan pertamanya di 8 besar adalah Knee yang kembali ia temui di turnamen ini. ArslanAsh akhirnya berhasil lolos ke babak selanjutnya dan kembali bertemu Knee di grand final. Ia akhirnya kembali mengalahkan Knee dan menjadi juara EVO 2019.

Kemenangan ArslanAsh membuktikan bahwa Tekken tidak hanya didominasi oleh negara tertentu saja. Tidak hanya untuk Pakistan saja, kemenangan dia membuktikan semua orang bisa menjadi terbaik di dunia asalkan dengan kerja keras dan dedikasi.

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

www.ae-gis.id

Instagram : aegis.ggFacebook: @aegis.id