Meraih peringkat pertama selalu memberikan nilai tambah yang bagus terhadap esports brand, terutama nilai tim, baik itu esports maupun non esports. Ketika meraih peringkat satu, akan banyak liputan media, eksposure yang bisa didapat sehingga nantinya akan memberikan pengaruh terhadap nilai bisnis tim tersebut. Oleh karena itu banyak seluruh tim besar yang mendedikasikan fasilitas pelatihan baik itu dokter maupun infrastruktur sehingga bisa membantu pemain-pemainnya untuk memberikan performa terbaik. Mentalitas seperti ini, perlahan-lahan mulai memasuki di dunia esports.

Complexity, Tim asal Amerika dengan fasilitas yang mewah

Tim-tim kelas dunia di industry esports mulai memberikan perhatian lebih terhadap fasilitas pelatihan sehingga bisa membantu para player mereka memberikan performa terbaik, terutama ketika berhadapan di liga-liga yang krusial. Salah satunya adalah Complexity, tim yang berasal dari Amerika yang dimiliki oleh Jerry Jones ini memiliki sahaman di Dallas Cowboys sehingga ia menginginkan tim esportsnya, yaitu Complexity juga memiliki fasilitas yang kelas dunia.

Dengan nilai investasi yang lebih, Complexity menginginkan professional terhadap di dunia esports. Awal Tahun ini, Complexity mengumumkan The GameStop Performance enter, Fasilitas yang diberikan Complexity terhadap pemainnya sehingga bisa memberikan latihan yang mereka butuhkan sebelum bertanding.

Hal-hal seperti ini tidaklah murah memang, terutama ketika membuat pemainnya harus berpindah dari game house menuju ke fasilitas pelatihan yang mewah, namun hal ini dirasa layak untuk dilakukan.

Banyak tim yang menghabiskan dana untuk membelikan apartemen-apartemen mewah untuk pemain-pemainnya, dibandingkan untuk itu lebih baik menggunakan dana yang ada untuk membuat satu fasilitas pelatihan mewah yang tercentral sehingga secara jangka Panjang benefitnya bisa berdampak signifikan dibandingkan membeli apartemen mewah secara jangka pendek. Dan tentu, tinggal di satu lokasi juga memberikan banyak benefit yang bagus untuk tim, mengurangi toxicity, menambahkan rasa solidaritas, dan memberikan efek postiif terhadap mental dan fisik. Bagi Kelly, Membuat seluruh fasilitas pelatihan menjadi central akan lebih murah dibandingkan cost bila satu player nya saling jauh-jauhan” Ujar Kelly, General Manager Complexity.

Dignitas Bootcamp

Lain tim, lain pula kebijakan. Dignitas, salah satu tim yang berasal dari Amerika juga ini memiliki Fasilitas latihan dan bootcamp dengan dua kota yang berbeda. Karena Dignitas dimiliki oleh 76ers, Pemain-pemain mereka mendapatkan latihan dan evaluasi kesehatan di Philadelphia. Dan mereka juga memiliki bootcamp baru yang berlokasi di Newark, disini mereka lebih focus terhadap menumbuhkan rasa brand mereka. Dignitas sendiri sudah berpartner dengan Produsen Gaming Chair, Raynor Gaming dan Mountain Dew Game Fuel.

Sama seperti Compleixty, Dignitas berhadap hal ini bisa memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan pemain-pemainnya yang berujung terhadap peningkatan performa sehingga timnya bisa mendapatkan lebih banyak kemenangan. Yang hasilnya, akan mendapatkan peluang-peluang baru di dunia sponsor.

Fasilitas-fasilitas baru seperti ini tidak hanya dapat berpengaruh terhadap performa tim yang tinggal, tapi juga terhadap peningkatan kerja sama antar brand. Garozzo, COO Dignitas mengatakan “Bahkan di hadapan fasilitas pelatihan yang mewah, dan kontrak yang jelas para pemain pun akan berpikir dua kali. Karena tempat fasilitas yang nyaman dan lengkap akan membuat mereka bisa lebih fokus terhadap kompetisi mereka yang membuat mereka memiliki tempat yang lebih bagus untuk berkompetisi”

Kalau apa yang dikatan Garozzo itu benar, maka tak akan lama lagi untuk fasilitas akan menjadi bargaining chip untuk mendapatkan talenta-talentra terbaru di dunia esports. Dan mungkin, fasilitas juga akan menjadi salah satu kontribusi value tim-tim esports.

Tapi yang lebih penting lagi, dengan adanya peningkatan fasilitas seperti ini akan berdampak positif terhadap mental dan kesehatan para pro player. Dan, harapannya tentu saja mereka juga akan meraih lebih banyak kemenangan.


Nah itulah opini dari Aegis mengenai pentingnya fasilitas training yang memadai bagi player. Nah fasilitas training kalian sendiri bagaimana? udah memadai belum? Kuy jangan lupa tingkatin juga ya fasilitas training agar bisa bersaing dengan tim-tim pro lainnya!

Jangan lupa kunjungi kami di :

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook: @aegis.id