Dikutip dari Kyodonews, pemerintah Jepang berencana untuk ekspansi besar-besaran untuk meningkatkan industri domestik esports melalui kerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta. Tujuan dari roadmap Esports 2025 Jepang ini adalah untuk merevitalisasi lokal ekonomi serta meningkatkan partisipas sosial masyarakat Jepang, terutama masyarakat dengan disabilitas. Tak tanggung-tanggung pemerintah Jepang menargetkan output ekonomi esports sebesar $2.6 Milyar dalam 5 tahun.

Walaupun jumlah gamer dan penonton esports naik terus dari tahun ke tahun. Serta nilai ekonomi dari industri esports naik hingga 100 milyar yen, akan tetapi Jepang masih termasuk dalam Negara yang lambat mengadopsi esports dibanding negara maju lain seperti China, US, dan Eropa. Seperti yang kita ketahui, di Jepang sendiri terdapat dua perusahaan game developer dan publsiher dominant yang dapat mendorong peran competitive gaming. Kedua perusahaan itu adalah Sony Corp dan Nintendo Co. Sayangnya kedua perusahaan tersebut masih belum berperan optimal.

(Pro esports players demonstrate their skills at a media event in a newly opened esports facility in Kobe, western Japan, on Feb. 20, 2020.)

Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang akan bekerja sama secara serius dengan industri game serta badan hukum untuk membuat roadmap serta guideline dimana Jepang akan memfokuskan talent dan capaiblity building untuk mengorganisir turnamen online dengan skala besar.

Dengan usaha kolaboratif dari berbagai pihak, kementrian Jepang berharap penjualan tiket dari turnamen baik offline, online maupun pendapatan dari iklan akan meningkatkan dampak ekonomi lokal jepang.

Berdasarkan riset marketing dari BCN Inc, perkembangan market size esports di Jepang diproyeksikan akan naik dari 6.1 Milyar yen di 2019 hingga 15.3 milyar yen di tahun 2023. Kenaikan tersebut didorong dengan adanya adopsi teknologi 5G dan perkembangan esports secara global baik dari game PC, Console, maupun Mobile.


Pengen ikut berkontribusi di Esports Indonesia ? Saat ini Aegis sedang menggalang dana untuk melawan Covid19. #Gamerpedulicovid19 yuk kita bersatu untuk #DefeatCorona. Silahkan klik link kita bisa dibawah ini untuk berdonasi :

➡️ #KITABISAGAMERPEDULICOVID19

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook : @aegis.id

JOIN OUR DISCORD CHANNEL! https://discord.gg/hxvZxvG