Pertandingan Olahraga, diseluruh dunia hampir semuanya tertunda dikarenakan wabah COVID-19. Banyak event-event yang mengumpulkan massa atau orang banyak ditiadakan. Esports pun tak lepas jadi korban, turney major seperti ESL akhirnya harus diubah formatnya menjadi turnamen yang diselenggarakan secara online saja.

ESL Online Tournament

Mengingat adanya solusi online ini, beberapa olahraga tradisional seperti bola basket, mencenangkan ide brilian mereka untuk bermain basket secara online dengan game NBA 2k 2020. Tim basket Phoenix Suns dan Dallas Maverick berhasil memberikan pengalaman yang unik bagi penonton NBA dengan jumlah penonton online sebanyak 12.000 orang. Olahraga asli ini bahkan hampir berhasil mengalahkan rekor pertandingan esports NBA yang hanya berhasil meraih 16.000 orang.

Tak mau kalah, pemain NBA yang mempunyai banyak fanbase seperti Josh Hart, De'Aaron Fox, dan Trae Young juga mulai mencoba streaming Call of Duty di Twitch. Beberapa pemain tersebut bahkan berhasil meraih 7.000 penonton di Twitch. Sungguh hasil yang memuaskan mengingat mereka juga tidak pernah melakukan streaming.

Atlet yang mencoba streaming di Twitch meraih hasil yang lumayan baik. Source:Escharts.com

Selain basket, ada juga dua olahraga lain yang dipertandingkan secara esports, yaitu sepak bola dan F1.

Kreatifnya, pertandingan sepak bola ini tidak melulu dengan bermain langsung sebagai player akan tetapi ada juga pertandingan yang dilangsungkan via Football Manager. Football Manager sendiri adalah permainan dimana playernya dapat mengendalikan tim atau klub sebagai manager. Menariknya pertandingan online Football Manager antara Leicester City dan Wattford Football Club ini ditonton oleh 747.000 orang di seluruh dunia loh.

Untuk turnamen sepak bola sendiri, Bradford sebuah tim liga inggris membuat sebuah turnamen online yang dia namakanan FIFA Ultimate Quaran-team. Turnamen ini diikuti oleh 128 tim. Sedangkan, Itali dikarenakan lockdown telah menginisiasi pertandingan antara Inter dan Sassuolo yang sebelumnya dicancel jadi dimainkan via Pro Evolution Soccer (PES) dan pertandingan tersebut di tonton lebih dari 60.000 orang.

Selain sepak bola, F1 sebagai organiser balap mobil dunia juga tidak mau kalah dalam berpartisipasi di bidang esports. Formula satu mereschedule Grand Prix mereka dan membuatnya jadi F1 Virtual Bahrain Grand Prix di  game F1 2019. Pertandingan ini secara total viewer berhasil meraih rekor sebanyak 395.000 orang penonton.

Statistik F1 Virtual Grand Prix Bahrain (Source:Escharts.com)

Selain beberapa organiser olahraga, pemain-pemain top olahragawan dunia juga mulai rutin melakukan streaming. Salah satu contoh adalah Mesut Ozil. Ozil mempunyai rekor bermain Fortnite hingga 5500 pertandingan dan penonton stream sebanyak 4000 orang. Wah, benar-benar ternyata esports dan sports sekarang perbedaannya jadi kecil karena wabah virus corona!

Sumber : Twitch Mesut Ozil

Pengen ikut berkontribusi di Esports Indonesia ? Saat ini Aegis sedang menggalang dana untuk melawan Covid19. #Gamerpedulicovid19 yuk kita bersatu untuk #DefeatCorona. Silahkan klik link kita bisa dibawah ini untuk berdonasi :

➡️ #KITABISAGAMERPEDULICOVID19

Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

Website : www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook : @aegis.id

JOIN OUR DISCORD CHANNEL! https://discord.gg/hxvZxvG