Dok: Steam/Valve‌‌

Anessix, underlord perempuan yang dikenal imba ini akhirnya dinerf juga oleh Valve. Setelah beberapa hari karep bosan bermain menggunakan dan melawan underlord ini terus, sekarang dia sudah tidak sekuat yang dulu.Balance Update 11/7/2019 oleh Valve ini memperbaiki beberapa isu performa dan juga UI, yang sempat dihujat oleh banyak netizen setelah “the big update” sayangnya setelah saya coba sendiri efek perubahannya ternyata tidak terlalu signifikan. Walaupun begitu, saya merasakan yang biasanya berat sekarang agak enteng saat memainkan Underlord di HP mid range. Applause dan hats off buat Valve.

Gameplay Update : Anessix

Update Anessix

Anessix kehilangan burst healnya. Dalam beberapa lineup sebenarnya nerf ini tidak begitu terasa akan tetapi dikarenakan warrior yang juga di nerf oleh Valve, maka unit-unit yang tadinya lebih sustain dibawah Anessix sekarang terasa semakin kentang.


Ke-OP an Anessix diperlihatkan oleh heal dan sustainablenya tanpa menggunakan warlock atau healer dan sangat cocok saat menggunakan line up squishy seperti assassin dan hunter. Sayang dikarenakan perubahan ini maka beberapa kombinasi lineup glass cannon seperti 6 hunter atau 6 asssasin akan lebih susah sustain dibawah Anessix.

Berbeda dengan style icefrog yang melakukan OP buff pada hero tertentu dan membiarkan hero lain tetap seperti itu, di Underlord, Anessix terkena nerf hammer yang lumayan signifikan juga. Dalam catatan saya setelah patch proporsi pemakai Anessix berkurang drastis yang biasanya ada di 5-6 player sekarang jadi setengahnya saja. Entah itu karena user ingin mencoba Hobgen post patch atau karena mereka merasa nerfnya sangat tidak cocok dengan playstyle mereka.

Notable change:

  • Arcane ritual dan Martyr’s Boon tidak jadi burst heal lagi.
  • Break tidak lagi berdampak pada alliance (salah satu penyebab Anessix OP)

Gameplay Update : Hobgen

Update Hobgen

Hobgen mempunyai karakteristik yang unik. Pada dasarnya sebelum patch ini Hobgen hanya cocok di lineup scrappy dan mage, tetapi dengan perubahan pada beberapa skill Hobgen, sekarang dia lebih viable lagi.


Explosivo mendapatkkan buff dari delay animasi sebanyak 1.6 detik. Sangat membantu sekali bagi Hobgen terutama dengan Mage Alliance. Let’s go crazy dikurangi hype costnya hingga 85 dari 100. Tapi layaknya mask of madness Hobgen juga terkena silence saat menggunakan skill ini. Disinilah letak fleksibilitas Hobgen sekarang. Karena, dengan build ini Hobgen tidak sepenuhnya bergantung pada Mage Alliance lagi.

Selain itu Hobgen juga mendapatkan buff firebreak dimana damage reduction ditingkatkan dari 25% ke 45% serta feedback loop yang lama yaitu dimana super charged unit akan mendapatkan mana dari ability musuh. Saat di cast skill ini akan mendamage musuh sesuai dengan cost mana kemusuh.

Verdict:

Inilah saatnya kamu mencoba Hobgen karena Hobgen benar-benar underpicked bagi user-user di Underlord. Hobgen cocok dengan sinergi Brute yang saat ini lagi di buff serta sinergi dimana dia sangat kuat yaitu Mage dan Scrappy. Untuk Talent yang diambil bisa kamu sesuaikan sesuai lineup kamu ya.

New Patch Summary

  • Value Heartless tidak worth lagi untuk 2 unit
  • All in warrior (6 unit) bisa digunakan lagi setelah break tidak menghilangkan alliance bonus
  • 3 warrior tidak OP lagi karena armor berkurang jadi 7
  • OP Brute naiknya sinergi alliance
  • Debuff to enemy attack damage changed from [15, 40]% to [30, 70]%.
  • Damage on debuff being applied changed from [50, 100] to [80, 150].

Nah begitulah quick recap dari saya, bagi kamu yang penasaran new patch seperti apa yuk coaching Underlord saja di Aegis. Bakal dikupas tuntas oleh para coach Big Boss dan White Spire di Aegis!


Kunjungi

AEGIS (Akademi Esports Indonesia)

www.ae-gis.id

Instagram : aegis.gg

Facebook: @aegis.id